Belize menjadi negara produsen minyak setelah 50 tahun eksplorasi tak membuahkan hasil.

Belize menjadi negara produsen minyak setelah 50 tahun eksplorasi tak membuahkan hasil.

Belize Natural Energy Ltd. (BNE) dan CHX LLC, swasta independen Denver, telah menyelesaikan dua sumur yang masing-masing mampu memproduksi 500 b/d minyak mentah sweet 38° gravity, menurut laporan pers. Perusahaan-perusahaan ini berencana melakukan pengeboran lagi dan ingin memperoleh data seismik 3D.

Sumur Usher-1 dan 2 dekat Spanish Lookout sekitar 55 mil barat-barat daya Kota Belize. Kota ini terletak di barat laut ibukota, Belmopan, dan dekae dengan perbatasan Guatemala.

Perusahaan-perusahaan ini telah mengirimkan satu bargeload minyak ke pengilangan Gulf Coast, menjual sebagian minyak secara lokal, dan membuat royalti pertama dan pembayaran pajak pada akhir 2005, menurut laporan tersebut.

Sumur terletak di 125 mil timur lapangan Xan, lapangan minyak terbesar Guatemala, di basin Peten. Xan memproduksi minyak dengan 17° gravity dari Cretaceous Coban pada kedalaman 7.600 kaki.

Susan Morrice, seorang geologis dan penemu BNE, mengatakan kerjasama antar perusahaan, pemerintah Belize, dan masyarakat Belize menunjang keberhasilan penemuan tersebut.

Sumber : ogj.pennnet.com