Perjanjian senilai $ 20 juta Inter Pipeline Fund untuk membeli saham mayoritas pipa Danau Cactus tampaknya telah gagal setelah pemilik minoritas Plains All American Pipeline L.P. menggunakan haknya untuk menolak.

Penulis asli : JAMES STEVENSON

Perjanjian senilai $ 20 juta Inter Pipeline Fund untuk membeli saham mayoritas pipa Danau Cactus tampaknya telah gagal setelah pemilik minoritas Plains All American Pipeline L.P. menggunakan haknya untuk menolak.

Inter Pipeline yang berbasis di Calgary mengatakan, Selasa, bahwa persetujuan untuk membeli 85% Danau Cactus dari Nexen Inc. (TSX:NXY) ‘tampaknya tidak akan dilanjutkan.’ ‘Ini bukan peristiwa yang luar biasa atau kegagalan besar,’ menurut juru bicara Inter Pipeline, Michelle Dawson, Selasa.

‘Selalu bagus saat adanya kepercayaan untuk memperoleh akuisisi, tapi ini secara relatif merupakan akuisisi kecil,’ katanya.

Sisa 15% dari jalur Danau Cactus di barat daya Saskatchewan dimiliki oleh divisi dari Plains yang berbasis di Houston, tapi perusahaan ini tidak bersedia untuk berkomentar, Selasa.

Sistem Danau Cactus adalah 170 km jalur minyak mentah dan kondensat dan 26.000 barrels penyimpanan.

Sistem yang memiliki kapasitas 50.000 barrels per hari ini, saat ini currently mengirimkan hampir 17.000 barrels per hari dari situs (tampat) produksi minyak berat regional ke pusat pemasaran di Kerrobert, Sask.

Inter Pipeline, yang mengumumkan persetujuan awal bulan ini, mengatakan akan terus menyediakan penyimpanan minyak dan layanan pasokan kondensat untuk pengirim dalam sistem Danau Cactus.

Perusahaan ini juga mengatakan akan terus dengan rencananya untuk menginvestasikan $ 3.5 juta untuk fasilitas interkoneksi dan pengukuran baru di terminal Kerrobert untuk menyediakan layanan ini.

Inter Pipeline mengoperasikan hampir 4.900 km pipa dan 1,3 juta barrels penyimpanan di seluruh Kanada barat. Sistemnya mengirimkan sekitar 470.000 barrels per hari – sekitar 20% produksi minyak Kanada barat.

Perusahaan ini juga memiliki dan mengoperasikan aset infrastruktur energi di UK, Jerman dan Republik Irlandia.

Plains merupakan salah satu poerusahaan minyak midstream independen terbesar di Amerika Utara, menangani lebih dari 3 juta barrels per hari melalui jaringan pipanya lintas U.S. dan Kanada.

Di Toronto Stock Exchange, Selasa, unit Inter Pipeline naik delapan cents menjadi $ 10.44.

Sumber : www.cbc.ca