Select Page

China bisa menjadi pesaing besar dalam petrokimia.

China bisa menjadi pesaing besar dalam petrokimia, menurut SRI Consulting, Houston, dalam laporan terbarunya.

‘Kompleks petrokimia yang baru dibangun di China bisa sangat kompetitif terhadap Saudi Arabia yang mengekspor ke China, walaupun Saudi memiliki keuntungan biaya feedstock nonparalel,’ menurut Ken Zheng, senior konsultan di SRI Consulting.

Menurut laporan, yang membandingkan biaya konstruksi dan operasi plant petrokimia di China dengan di US, Jepang, dan Jerman, menyatakan keuntungan kompetitif China adalah tenaga kerja yang murah.

China sekarang bisa membangun plant kimia dengan pekerja engineering dan konstruksi, peralatan, mesin, dan material lokal, menurut Zheng.

‘Karena biaya local sourcing, terutama biaya tenaga kerja, secara signifikan lebih rendah daripada di negara-negara berkembang, pembangunan plant kimia di China bisa hemat biaya sepertiga daripada plant yang sama di Pantai Teluk US,’ katanya.

Tapi biaya konstruksi plant bisa sangat bervariasi di China, tergantung lokasi dan kepemilikan, membatasi keuntungan biaya local sourcing.

Berdasarkan cash flow return on investment (CFROI) tahun 2004, produsen China dengan kompleks petrokimia yang baru dibangun menggunakan umpan nafta akan memperoleh CFROI mendekati produsen berbasis etana di US tapi lebih tinggi daripada produsen berbasis nafta di Jerman dan Jepang, menurut laporan tersebut.

Di China, beberapa kompleks pertrokimia terintegrasi skala dunia sedang direncanakan dan tampaknya akan on stream dalam beberapa tahun mendatang.

‘Sekali plant dibangun dan beroperasi, biaya investasi akan menjadi turun,’ kata Zheng. ‘Sehingga, produsen dengan biaya investasi plant yang lebih rendah daripada tandingannya akan memiliki biaya produksi ongoing yang lebih rendah dan akan lebih kompetitif.’

Menurut Zheng, ‘Permintaan lokal yang tinggi, konstruksi plant yang murah, dan pendanaan yang rendah tampaknya menjadi pendorong ekspansi kapasitas yang pesat di China. Kami yakin bahwa produsen China ingin menjadi pemain yang serius dalam industri petrokimia global.’

Sumber : ogj.pennnet.com

Share This