Select Page

Harga minyak turun Senin pada Perdagangan Asia ditengah harapan bahwa output minyak Iran tidak akan dipengaruhi pertemuan nuklir PBB akan ambisi nuklir Tehran.

Harga minyak turun Senin pada Perdagangan Asia ditengah harapan bahwa output minyak Iran tidak akan dipengaruhi pertemuan nuklir PBB akan ambisi nuklir Tehran.

Minyak mentah jenis light, sweet untuk pengiriman April turun 51 cents menjadi $ 63.16 per barrel dalam perdagangan elektronik di New York Mercantile Exchange. Kontrak naik 31 cents dan tetap pada $ 63.67 per barrel Jumat — harga tertinggi sejak 6 Februari.

International Atomic Energy Agency akan mengadakan pertemuan dewan pengurus Senin atas Iran, produsen minyak No. 2 OPEC. Rekomendasi dewan pengurus kepada DK PBB, yang memiliki kuasa untuk menjatuhkan sanksi, sepertinya akan membantu menentukan aksi yang segera.

‘Masyarakat mengawasi pertemuan IAEA, tapi telah ditentukan,’ kata Tetsu Emori, ketua komoditas strategi di Mitsui Bussan Futures. ‘Kami tidak mengharapkan Iran menghentikan produksi atau ekspornya.’

Iran telah bersikeras meginginkan pengayaan uranium hanya untuk membangkitkan listrik, bukan untuk senjata nuklir, tapi US dan sekutunya telah membantahnya.

Emori mengatakan pasar memilih untuk fokus akan pertemuan OPEC, Rabu, yang sepertinya tidak menghentikan overall outputnya walaupun khawatir akan kerusuhan di wilayah Nigeria dan produksi Iraq yang lumpuh.

Sementara hari Minggu, militan mengancam akan menyerang lagi fasilitas minyak di Nigeria, produsen minyak mentah terbesar Afrika, dan berjanji akan memutuskan ekspor minyak harian sebesar 1 juta barrel.

Dalam serangan di pipa dan fasilitas minyak Nigeria, Movement for the Emancipation of the Niger Delta telah menurunkan produksi negara sebesar 455.000 barrel per hari. Nigeria biasanya mengekspor 2,5 juta barrel perharinya.

‘Target kami untuk bulan Maret adalah memotong 1 juta barrel,’ kata kelompok pemberontak dalam sebuah e-mail kepada The Associated Press.

Nymex gasoline futures turun 2.16 cents menjadi $ 1.7215 per gallon (3.8 liters) sementara heating oil turun 2.02 cents menjadi $ 1.7926 per gallon.

Gas alam turun 13.7 cents menjadi $ 6.653 per 1.000 kaki3.

Sumber : edition.cnn.com

Share This