Select Page

Pengawas lingkungan Rusia mengatakan, Senin, telah menyetujui pipa kontroversial yang akan membawa minyak ke pasar Asia.

Pengawas lingkungan Rusia mengatakan, Senin, telah menyetujui pipa kontroversial yang akan membawa minyak ke pasar Asia, tapi kelompok hijau itu mengatakan bisa terjadi kerusakan parah pada danau terdalam di dunia, Danau Baikal.

Pipa Eastern Siberia-Pacific Ocean didukung penuh oleh Presiden Vladimir Putin dan memungkinkan eksportir minyak no. 2 dunia itu mendiversifikasi pengiriman besar-besaran, jauh dari pasar Eropa yang pertumbuhannya lambat.

Ilmuwan, yang oposisinya terhadap rencana tersebut ditolak, berjanji akan naik banding terhadap putusan pengawas Rostekhnadzor, tapi analis mengatakan saat ini kendala akhir telah memindahkan monopoli pipa Transneft.

Pipa senilai $ 11 milyar ini akan mengirimkan sebanyak 1,6 juta barrels per hari ke China dan pantai Pasifik.

Komisi para pakar yang dikumpulkan oleh Rostekhnadzor sebelumnya telah menolak rencana ini, tapi menyetujuinya setelah kepala pengawas Konstantin Pulikovsky membawa ilmuwan baru dan memberi komisi labih banyak waktu untuk melakukan pertimbangan.

‘Ya, Pulikovsky telah menandatangani penilaian positif. Dia menandatanganinya pada 3 Maret,’ kata juru bicara Rostekhnadzor, Alexander Afonin.

Danau Baikal, rumah bagi anjing laut air tawar (fresh water seal) dan ratusan spesies unik lainnya, terletak pada zona rawan gempa bumi, dan banyak pakar mengatakan ini akan membuat pipa rawan untuk putus.

BELUM SELESAI

Pihak yang berlawanan mengatakan perjuangannya belum selesai, dan menuduh Pulikovsky dan bos Transneft, Semyon Vainshtok memaksa rekan-rekannya untuk merubah penilaian dan memutarbalikkan penolakan komisi para ahli terhadap rencana itu.

Gennady Chegasov, seorang akademisi dan anggota komisi investigasi, mengatakan tekanan akan anggota dan mengganggu komposisi group bukan hal yang biasa, dalam Soviet times.

‘Kekerasan dan tekanan yang belum pernah terjadi sebelumnya dan tidak akan terjadi tanpa dukungan pemerintah,’ katanya.

‘Kami akan naik banding atas hasil investigasi ke pengadilan … Saya bersedia tampil sebagai seorang ahli dan sebagai saksi pelanggaran,’ katanya pada reporter.

Tapi analis mengatakan dukungan politis di belakang rencana ini, membuatnya tak dapat dihentikan, khususnya sejak Putin mendorongnya dan mengatakan opponen rencana menyabotase pembayaran pemerintah asing.

‘Dia mendeklarasikan bahwa ini adalah proyek prioritas untuk pembangunan ekonomi dan sosial Rusia, dan investigasi lingkungan seharusnya tidak menghalangi pertumbuhan ekonomi negara,’ menurut catatan dari bank investasi Deutsche-UFG.

Kelompok lingkungan mengakui mesin pemerintah akan melawan mereka, dan mengatakan mereka akan mencoba mengatur protes untuk mempertahankan danau, yang merupakan danau terdalam di dunia, mengandung 20% air tawar tak beku dunia dan merupakan warisan dunia, menurut UNESCO.

‘Kami mengerti bahwa dalam sistem hukum Rusia akan sulit melawan perusahaan negara yang memperoleh dukungan administrasi presidensial,’ kata Roman Vazhenkov, kepala program Baikal Greenpeace.

Greenpeace telah naik banding ke bank-bank Barat untuk menolak mendanai proyek. Media Rusia telah melaporkan perusahaan akan memerlukan $ 2 milyar pinjaman untuk proyek tahun ini.

Sumber : www.chinadaily.com.cn

Share This