Select Page

Ocean FOCUS mulai mengeluarkan prakiraan untuk memperingatkan operator produksi minyak akan pusaran arus hangat di teluk Mexico.

Ocean FOCUS mulai mengeluarkan prakiraan pada 16 Februari 2006 – waktu yang tepat untuk memperingatkan operator produksi minyak akan pusaran arus hangat baru (new warm eddy) yang telah terbentuk dalam wilayah produksi migas di teluk Mexico.

Pusaran arus ini sama dengan badai bawah laut, berputar dalam aliran loop (Loop Current) – sebuah intrusi air permukaan yang hangat yang mengalir menuju utara dari Laut Karibia melalui Selat Yucatan – dari Arus Teluk (Gulf Stream) dan dapat menyebabkan kerusakan yang luas dan merugikan pada peralatan bawah laut dimana terdapat aktivitas produksi minyak laut dalam di wilayah itu.

Layanan Ocean FOCUS adalah layanan yang unik yang menyediakan prakiraan arus laut kepada industri produksi minyak lepas pantai untuk memberikan peringatan awal akan datangnya pusaran arus. Layanan ini berbasis gabungan model laut dan pengukuran satelit.

Perusahaan-perusahaan minyak memerlukan peringatan awal pusaran arus ini untuk meminimasi kerugian produksi, mengoptimasi aktivitas pengeboran laut dalam dan mencegah kerusakan peralatan yang kritis.

Loop Current dan pusaran arus yang keluar berupa dua jenis masalah untuk sistem produksi bawah laut: gaya langsung (direct force) dan vibrasi induksi (induced vibrations), yang menciptakan lebih banyak tegangan daripada direct force dan menghasilkan level kegagalan fatigue dan struktural yang lebih tinggi.

Dampak pusaran arus ini bisa sangat merugikan dalam hal kelambatan produksi dan eksplorasi dan kerusakan komponen bawah laut (sub sea components).

Informasi yang disediakan oleh Ocean FOCUS memberikan analisis yang akurat dan terkini (up-to-date) akan situasi yang ada kepada operator industri, sehingga bisa mendukung keputusan manajemen produksi.

Selain itu, prakiraan Ocean FOCUS dapat digunakan oleh perusahaan-perusahaan migas dalam merencanakan operasi besar seperti memasang peralatan baru – yang sangat sensitif terhadap kondisi lokal dan memerlukan prolonged ‘windows’ dari kecepatan arus rendah untuk memperoleh penyelesaian yang baik.

Loop Current berada di utara posisi rata-ratanya, memberi tanda akan adanya pusaran yang lebih banyak dalam beberapa minggu ke depan. Pusaran arus saat ini, disebut ‘Walker’, terdeteksi pecah dari Loop Current pada pertengahan Februari.

Ocean FOCUS dibuat oleh Ocean Numerics dan secara parsial didukung oleh program Earth Observation Market Development (EOMD), ESA. Operator Ocean Numerics dan Ocean FOCUS akan melanjutkan pengawasan mereka untuk memastikan data yang lebih awal dan terandalkan akan pusaran arus ini.

Ocean Numerics merupakan joint venture antara Collecte Localisation Satellites (CLS), Perancis, Fugro GEOS, Inggris, dan Nansen Environmental and Remote Sensing Centre (NERSC), Norwegia.

Sumber : www.sciencedaily.com/European Space Agency

Share This