Petroleo Brasileiro SA (Petrobras) melaporkan dimulainya pengeboran gas alam di wilayah Cojedes, Venezuela.

Penulis asli : Peter Howard Wertheim

Perusahaan milik negara Petroleo Brasileiro SA (Petrobras) melaporkan dimulainya pengeboran gas alam di wilayah Cojedes, Venezuela dibawah joint venture dengan Petroleos de Venezuela SA.

Sebuah sumur milik Saxon Energy Services Inc. dengan 15.000 kaki dibor di La Blanca, dekat kota Romulo Gallegos.

Petrobras dan PDVSA mengebor sumur dibawah sebuah perjanjian yang disimpulkan tahun lalu untuk bekerja sama dalam 3 proyek eksplorasi dan produksi di Venezuela, termasuk proyek gas lepas pantai Mariscal Sucre, sebuah proyek di Orinoco Belt, dan proyek pengeboran dalam 5 lapangan minyak—Adas, La Paz, Lido, Limon, dan Nieblas.

Di Mariscal Sucre, perusahaan-perusahaan ini berkomitmen terhadap pembangunan joint venture dengan perkiraan biaya pembangunan untuk 4 lapangan gas—Dragon, Mejillones, Patao, dan Rio Caribe senilai $ 2,2 milyar. Sebelumnya, PDVSA telah mengatakan akan membangun lapangan Mejillones dan Rio Caribe, tapi sekarang termasuk dalam proyek dengan Petrobras.

Selain proyek Mariscal Sucre, Petrobras juga menilai dan mensertifikasi cadangan di lapangan minyak berat Carabobo, Orinoco dalam persiapan untuk pembangunan. Produksi diharapkan sekitar 150.000 b/d minyak.

Sumber : ogj.pennnet.com