Select Page

International Energy Agency telah mengklasifikansikan kembali minyak eksta berat Venezuela.

International Energy Agency telah mengklasifikansikan kembali minyak eksta berat Venezuela dalam laporannya, produksi minyak dunia.

Sejak 2002, IEA telah memasukkan minyak mentah sintetis Venezuela 17º-32º-gravity, yang di-upgrade dari minyak mentah Faja 8º-9º-gravity yang diprosukdi di Orinoco Belt, dalam kategorinya untuk NGL Organization of Petroleum Exporting Countries dan minyak non-konvensional.

Mulai dalam Laporan Pasar Minyak Bulanan Maret (March Monthly Oil Market Report), IEA memasukkan minyak berat Venezuela dalam kategori ‘minyak mentah OPEC’.

Perubahan ini sekitar 600.000 b/d produksi menjadi kategori dubjek yang dipertimbangkanterhadap quota OPEC untuk Venezuela. Minyak mentah sintetis Venezuela berasal dari empat upgrader yang dioperasikan oleh joint ventures termasuk perusahaan negara Petroleos de Venezuela SA dan rekan swastanya.

Dibawah metode baru, IEA akan melaporkan produksi cadangan minyak berat yang diumpankan ke upgrader dan bukan output minyak mentah sintetis, yang menjalankan sekitar 10% dibawah umpan cadangan.

Dalam metode lama, IEA menempatkan minyak mentah sintetis dalam NGL OPEC dan kategori non-konvensional dan minyak berat yang mengalami treatment, tapi tidak di-upgrade sebagai minyak mentah konvensional. Perubahan ini sedikit menaikkan total produksi minyak Venezuela.

Venezuela memasukkan sekitar 34 juta bbl minyak mentah ekstra berat Faha dalam cadangannya dengan perkiraan 78 milyar bbl.

Sekitar 160.,000 b/d Orimulsion, campuran minyak berat, air, dan surfaktan dijual sebagai bahan bakar boiler yang bersaing dengan batubara, akan terus dihitung sebagai NGL OPEC dan minyak non-konvensional.

Sumber : ogj.pennnet.com

Share This