Select Page

USGS dan Pemerintah Afghanistan, Kementrian Pertambangan dan Industri telah menyelesaikan penilaian tahun pertama akan sumber minyak Afghanistan yang masih belum diketahui dan telah menentukan bahwa basis sumber daya ini secara signifikan lebih besar daripada perkiraan sebelumnya.

USGS dan Pemerintah Afghanistan, Kementrian Pertambangan dan Industri telah menyelesaikan penilaian tahun pertama akan sumber minyak Afghanistan yang masih belum diketahui dan telah menentukan bahwa basis sumber daya ini secara signifikan lebih besar daripada perkiraan sebelumnya. Penilaian ini dilakukan dalam dua tahun terakhir, dengan dana yang disediakan oleh Agensi Pembangunan dan Perdagangan U.S.

Peningkatan estimasi dalam sumber minyak ini 18 kali lipat dan lebih dari tiga kali lipatnya dalam sumber gas alam.

Sumber minyak yang belum diketahui dalam wilayah utara Afghanistan yang dinilai dalam rentang 3,581 sampai 36,462 trilyun kaki kubik (TCF) gas alam, dengan rata-rata 15,687 TCF. Estimasi minyak dalam rentang 0,391 sampai 3,559 milyar barrel (BBO), dengan rata-rata 1,596 BB0. Estimasi natural gas liquids dalam rentang 126 sampai 1.325 juta barrel (MMB) dengan rata-rata 562 MMB.

Ketika dipresentasikan dengan hasil penilaian sumber daya, Presiden Afghanistan Karzai berkomentar, ‘Saya senang pekerjaan survey sumber mineral Afghanistan dilakukan dengan baik, dan beberapa penemuan positif mengenai sumber minyak kita sedang dilaporkan. Mengetahui lebih banyak tentang sumber minyak negeri kita akan memungkinkan kita untuk mengambil langkah untuk membangun potensi energi kita yang merupakan hal yang krusial untuk pertumbuhan negara kita. Saya berterima kasih US, U.S. Geological Survey dan rekan Afghanistannya dalam mendukung survey ini, yang saya yakin merupakan dijalankan secara signifikan.’

Negara saat ini mengimpor sebagian besar energinya, termasuk listrik. Penilaian sumber minyak menyediakan informasi yang dibutuhkan provides Afghanistan untuk melaksanakan penjualan lease di masa datang dan tampaknya menarik minat perusahaan eksplorasi migas.

Sekretaris Dalam Negeri, Gale Norton berkomentar, ‘Karena kunjungan Bush baru-baru ini ke Afghanistan didemonstrasi, US sangat menghargai hubungannya dengan masyarakat Afghanistan. Kami senang bisa membantu pemerintah mereka dalam mengevaluasi sumber minyak Afghanistan. Dengan bekerja sama, kami membantu Afghanistan membangun fondasi untuk pemahaman dan mengelola sumber alamnya dengan lebih baik.’

Banyak dari potensi sumber minyak di Afghanistan dan dan seluruh cadangan minyak mentah dan gas alam di bagian utara Afghanistan, berlokasi di sebagian dari dua basin geologis – Basin Amu Darya ke arah barat dan Basin Afghan-Tajik ke arah timur. Sebagain besar minyak mentah yang belum diketahui di Basin Afghan-Tajik, dan sebagian besar gas alam yang belum diketahui di Basin Amu Darya.

Penilaian mengikuti protokol dan srandar metodologi USGS yang diterima secara luas. Ini berdasarkan elemen geologis dari total sistem minyak dan data dari studi detail geokimia, geologi perminyakan, gefisika, dan tektonik digabungkan dengan analisis produksi dan eksplorasi historis yang digunakan untuk membantu estimasi julah dan ukuran akumulasi minyak yang belum diketahui. Total area yang dinilai mendekati 86.000 km2.

Afghanistan merupakan negara yang hanya dibatasi tanah, berbatasan dengan Turkmenistan, Uzbekistan, dan Tajikistan di utara, Iran di barat dan Pakistan di timur dan selatan.

Sumber : www.usgs.gov

Share This