Perusahaan yang dijalankan negara India, Bharat Petroleum Corp. Ltd. (BPCL) berencana untuk melakukan persiapan untuk pengilangan berkapasitas 120.000 b/d di Bina, Madhya Pradesh untuk akhir tahun 2009. Proyek akan memakan biaya $ 2,33 milyar.

Penulis asli : Shirish Nadkarni

Perusahaan yang dijalankan negara India, Bharat Petroleum Corp. Ltd. (BPCL) berencana untuk melakukan persiapan (commission) untuk pengilangan berkapasitas 120.000 b/d di Bina, Madhya Pradesh untuk akhir tahun 2009. Proyek akan memakan biaya $ 2,33 milyar.

Pengilang telah terlebih dulu mengatakan bahwa ini merupakan rencana penawaran ekuitas kepada publik untuk fasilitas ini dalam waktu sekitar 2 tahun.

‘Kami merugi 2 rupees/l. untuk petrol, 3 rupees/l. untuk diesel, 12 rupees/l. untuk kerosin, dan 171 rupees/14 kg silinder lpg karena subsidi pemeritah akan produk ini,’ kata Kepala dan Managing Director BPCL, Ashok Sinha. Satu rupee sedikit lebih berharga daripada 2¢.

‘Kehilangan pendapatan kami dari penjualan seluruh bahan bakar sekitar 40 milyar rupees dalam tahun fiskal ini. Sebenarnya, harga minyak mentah yang menguat dalam beberapa hari yang lalu menambah kerugian kami,’ kat Sinha.

BPCL juga berencana untuk menginvestasikan 15 milyar rupees selama fiskal 2006-07 untuk mengekspansi jaringan retail, kapasitas LPG, dan pipa produk Mumbai-Delhi.

Berita rencana BPCLhadir seiring salah satu pesaing perusahaan, Hindustan Petroleum Corp. Ltd. (HPCL), mengumumkan keputusan investasinya. Perusahaan berencana untuk meningkatkan kapasitas pengilangan Mumbai hingga 7,9 juta ton/tahun dari sebelumnya 5,5 juta ton/tahun dan pengilangan Visakhapatnam hingga 8,4 juta ton/tahun dari 7,5 juta ton/tahun.

Sumber : ogj.pennnet.com