Korosi internal disalahkan atas tumpahan minyak mentah yang ditemukan 2 Maret oleh operator BP Exploration Alaska (BPXA).

Penulis asli : Judy Clark

Korosi internal disalahkan atas tumpahan minyak mentah yang ditemukan 2 Maret oleh operator BP Exploration Alaska (BPXA) dalam pipa transit minyak 34-in di Teluk Prudhoe, Alas.

Pejabat mengatakan kebocoran berasal dari lubang ¼-in dalam bagian kecil pipa dalam culvert yang terkubur di caribou crossing. Penemuan awal ini diberitahukan awal minggu ini oleh sebuah tim BPXA dan pejabat Departemen Konservasi Lingkungan Alaska, yang bersama-sama menyelidiki kebocoran tersebut.

Tumpahan—201.000 galon, ‘kurang lebih 33%,’ kata BP—dibatasi 1,93-acre area tundra dan permukaan danau yang beku antara Gathering Center 2 (GC-2) dan GC -1 dalam unit operasi barat.

Kerusakan bagian pipa GC-2 telah diperbaiki tapi masih shut down, sementara BP menginspeksi bagian jalur 3-mil untuk memastikan apakah ada kerusakan lain sepanjang pipa. Juru bicara BP, Daren Beaudo mengatakan dalam 6 tahun terakhir BP telah melakukan 85 inspeksi eksternal pada pipa transit minyak yang terkena dampak dan 139 inspeksi internal dengan uji ultrasonik.

Jalur ini diharapkan akan dibuka kembali dalam 4-6 minggu, kata BP.

Pengiriman Terkena Dampak

Bagian pipa GC-2 mentransfer minyak dari satu dari enam plant pemroses di kompleks Teluk Prudhoe ke Trans Alaska Pipeline System (TAPS). Dan memasok sekitar 10% volume minyak mentah yang diumpankan ke TAPS. 12 bantalan sumur dan sekitar 230 sumur yang disediakan pipa juga ditutup.

Tapi, pipa lain di kompleks Teluk Prudhoe terus memasok minyak mentah ke TAPS, dan Beaudo mengatakan rencana sedang dilakukan untuk membuka kembali sumur yang ditutup dan dialihkan ke pipa lain di kompleks sekitar 50-75% minyak yang biasanya dibawa oleh jalur GC-2.

Sementara itu, usaha pembersihan terus dilakukan dalam temperatur serendah -70° F. Pada 19 Maret, BPXA melaporkan telah mengumpulkan 63.546 galon minyak yang mengalir bebas, 328 yard3 kerikil yang terkontaminasi, dan 5.209 yard3 salju terkontaminsai minyak.

Sumber : ogj.pennnet.com