Oil Search Ltd., Sydney, memulai produksi dari proyek pembangunan lapangan minyak $ 145 juta Mananda Tenggara di selatan tanah tinggi Papua New Guinea.

Penulis asli : Rick Wilkinson

Oil Search Ltd., Sydney, memulai produksi dari proyek pembangunan lapangan minyak $ 145 juta Mananda Tenggara di selatan tanah tinggi Papua New Guinea. Oil Search menerima persetujuan pembangunan untuk lapangan ini awal tahun lalu.

Lapangan ini mulai mengalir dari satu sumur. Oil Search akan menghubungkan 3 sumur lainnya ke sistem pengumpul untuk meningkatkan produksi hingga 7.000 b/d minyak pada Mei.

Pembangunan Mananda Tenggara telah harus mengatasi sejumlah tantangan teknis dan komersial, termasuk kompleks geologi, pengeboran altitude-tinggi, dan pemasangan 16 km pipa minyak paralel, pengangkut gas, dan bahan kimia di area terpencil dan bercurah hujan tinggi.

Oil Search membangun jembatan suspensi kabel 470 m yang inovatif untuk membawa kumpulan pipa melalui kedalaman 400-m Hegigio Gorge, yang memisahkan Mananda Tenggara dari fasilitas lapangan Agogo, tempat masuk terdekat ke pusat produksi Kutubu.

Oil bercampur dengan produksi dari lapangan tanah tinggi lainnya dan dialirkan dengan pipa ke selatan, ke fasilitas pemuatan Kumul di Teluk Papua.

Mananda Tenggara ditemukan tahun 1991. Pembangunan ini merupakan yang pertama untuk Oil Search sebagai operator. Oil Search memiliki 72,27% dari lapangan ini, sementara AGL Gas Developments memiliki 11,9%, Merlin Petroleum 7,93%, dan Petroleum Resources Kutubu 7,9%.

Sumber : ogj.pennnet.com