Minyak mentah naik diatas $ 65 per barrel di London di tengah kekhawatiran akan pasokan dari Iran dan Nigeria. Kemungkinan pemogokan di Norwegia, satu produsen minyak besar, juga menambah tingginya harga.

Minyak mentah naik diatas $ 65 per barrel di London di tengah kekhawatiran akan pasokan dari Iran dan Nigeria.

Kemungkinan pemogokan di Norwegia, satu produsen minyak besar, juga menambah tingginya harga. Juga adanya pembelian teknis, kata broker.

Minyak mentah Brent untuk pengiriman Mei naik $ 1,49 menjadi $ 65,10 per barrel di ICE Futures Exchange, London. Minyak mentah (light sweet) untuk pengiriman Mei naik $ 1,64 pada $ 65,80 dalam perdagangan siang di New York Mercantile Exchange.

‘Ini adalah pasar yang didorong permintaan,’ kata James Cordier, presiden Liberty Trading, Tampa, Florida. Pasokan minyak US berada pada level tinggi dalam multi-tahun.

Pasar juga dalam dicekam kekhawatiran akan pasokan dari Nigeria dan Iran, dan meningkatnya kekhawatiran akan musim badai mendatang di Teluk Mexico. Beberapa analis yakin harga gasolin US bisa naik hingga $ 3 per gallon (80 cents per litre) musim panas ini, dan diasumsikan gangguan yang signifikan di pengilangan atau kesulitan dalam memperoleh bahan bakar di pasaran.

Persatuan swasta terbesar Norwegia Fellesforbundet mengancam akan melakukan pemogokan pada hari Sabtu jika tidak ada kesepakatan dengan Federation of Norwegian Industries atas upah dan pensiun, dilaporkan Dow Jones Newswires.

Pemogokan ini akan mempengaruhi 38.000 anggota, termasuk galangan kapal Norwegia, industri engineering dan manufacturing untuk proyek migas lepas pantai. Pemogokan tidak akan mempengaruhi produksi migas lepas pantai, kata Dow Jones.

Sumber : www.telegraph.co.uk