Saudi Aramco telah menandatangani 5 kontrak besar untuk mengekspansi produksi dari lapangan minyak Shaybah di wilayah Rub al Khali, tepi timur gurun Empty Quarter yang luas, Saudi Arabia.

Saudi Aramco telah menandatangani 5 kontrak besar untuk mengekspansi produksi dari lapangan minyak Shaybah di wilayah Rub’ al Khali, tepi timur gurun Empty Quarter yang luas, Saudi Arabia.

Saat ini, Shaybah memiliki 141 sumur yang memroduksi lebih dari 500.000 b/d. Ekspansi ini akan meningkatkan produksi sebanyak 250.000 b/d akhir tahun 2008.

Lapangan Shaybah yang ditemukan tahun 1968 dan on stream tahun 1998, berukuran lebar 13 km dan panjag 64 km. Lapangan ini memroduksi minyak mentah jenis ekstra Light 42º gravity Arab dari Shuaiba pay dengan kedalaman rata-rata 4.650 kaki. Minyak mentah ini sebenarnya bebas sulfur dan tinggi fraksi gasolinnya.

Saudi Aramco mempekerjakan SNC-Lavalin dari Kanada untuk engineering, procurement, and construction fasilitas produksi pusat, dan Hyundai Heavy Industries untuk pembangkitan tenaga. Tiga kontraktor lain yang semuanya berbasis di Saudi Arabia, menerima kontrak untuk transmisi tenaga dan pembangunan lokasi, termasuk kompleks pemukiman.

Fasilitas yang ada terdiri dari sumur, jalur aliran, jalur truk, pipa transfer minyak mentah, dan fasilitas pemisahan gas dari minyak sebelum dikirimkan ke Abqaiq. Ekspansi ini menyediakan fasilitas grassroot untuk pemisahan gas dan minyak; fasilitas pengumpulan, kompresi, dan injeksi gas; utilitas penanganan minyak mentah, udara, dan air untuk mendukung proses; dan peningkatan kapasitas pipa. Perumahan permanen tambahan juga akan dibangun di kompleks industri dan pemukiman yang telah ada.

Sumber : ogj.pennnet.com