Select Page

Minyak mentah mencapai puncak $ 70 per barrel di New York, mendekati rekor, karena adanya kehkawatiran perubahan gasolin US akan mengganggu pasokan saat mulainya musim berkendaraan.

Minyak mentah mencapai puncak $ 70 per barrel di New York, mendekati rekor, karena adanya kehkawatiran perubahan gasolin US akan mengganggu pasokan saat mulainya musim berkendaraan.

Gasolin naik sebelum mulainya periode usim panas US, Mei hingga September. Bahan bakar motor di US dengan aditif kimia sedang dihapus secara bertahap dan masalah logistik bisa terjadi karena distributor menambah etanol sebagai pengganti. Minyak juga menguat karena kakhawatiran akan pasokan mungkin akan terganggu dari Iran ditengah kebersikerasannya atas nuklir.

‘Minyak mentah hari ini didorong oleh gasolin,’ kata Koji Suzuki, seorang analis di Livedoor Commodity Co., Tokyo, melalui telepon. ‘Harga gasolin semakin tinggi karena mendekati musim berkendaraan, dan karena kehkawatiran akan pasokan yang terbatas karena isu spesifikasi baru.’

Minyak mentah untuk pengiriman Mei naik sebanyak 68 cents, atau 1%, menjadi $ 70 per barrel di New York Mercantile Exchange dalam perdagangan elektronik after-hours. Ini merupakan yang tertinggi sejak 31 Agustus. Kontrak diperdagangkan pada $ 69.85, 10:14 a.m. di Singapura. Pasar ditutup pada 14 April untuk libur Jumat Agung.

Minyak mencapai rekor $ 70.85 pada 30 Agustus 2005, sehari setelah Badai Katrina menyapu pantai dan menghancurkan platform minyak dan pengilangan sepanjang Teluk Mexico.

Permintaan gasolin di US biasanya memuncak ketika perjalanan meningkat, mengikuti libur Memorial Day akhir Mei hingga libur Hari Buruh bulan September. Periode ini berhubungan dengan libur musim panas sekolah yang panjang di US.

Gasolin dengan MTBE, atau methyl tertiary butyl ether, sedang dihilangkan dalam uap etanol setelah MTBE dinyatakan mengkontaminasi pasokan air tanah. Etanol tidak bisa dicampur kedalam bahan bakar selama proses pengilangan. Menambah etanol di pusat distribusi sebelum dikirim ke stasiun pelayanan telah membuat kesulitan pasokan.

Bom Bunuh Diri

Iran telah membentuk batalyon bom bunuh diri untuk menyerang US dan Inggris, menurut laporan Sunday Times.

Jepang bulan ini akan mengadakan pembicaraan dengan Iran atas program pembangunan nuklirnya, surat kabar Nihon Keizai melaporkan, tanpa mengatakan darimana diperolehnya informasi ini.

Pejabat Jepang akan mengunjungi Iran dan menghimbau pemerintah Iran untuk menghentikan pengayaan uranium. Pejabat ini akan menyampaikan kekhawatirannya bahwa proyek produksi minyak yang direncanakan Jepang di Iran bisa terkena dampak negatif kecuali masalah ini dipecahkan, kata surat kabar.

Nuklir Iran

Senator Republik US, Richard Lugar dan tiga rekan Demokratnya kemarin mengadakan pembicaraan langsung dengan Iran untuk menghentikan tekanan politik tentang kemampuan nuklirnya dan menyatakan khawatiran global akan pasokan energi.

Iran minggu lalu mengatakan telah memperkaya uranium, satu langkah yang diperlukan untuk membangun pembangkit tenaga atau senjata nuklir. Iran adalah produsen minyak terbesar ke-empat dunia dan penghentian pasokan bisa mengantar harga minyak semakin tinggi. Minyak mentah terhitung sekitar 60% harga retail gasolin.

Iran memompa 3,85 juta barrel miyak sehari pada bulan Maret, menurut perkiraan Bloomberg. Iran juga adalah produsen terbesar ke-dua dalam OPEC.

Gasolin untuk pengiriman Mei menguat 1,19 cents, atau 0,6%, menjadi $ 2,1198 per gallon dalam perdagangan after-hours di New York Mercantile Exchange.

Inventori gasolin jatuh 1,8% menjadi 207,9 juta barrel dalam minggu hingga 7 April. Mereka menurunkan hingga 18 juta barrel, atau 8%, sejak 24 Februari, menurut laporan. Inventori naik 3 juta barrel bulan April, menurut Departemen Energi.

Kontrak untuk minyak mentah Brent, yang harganya dua pertiga minyak mentah global, naik hingga $ 71.40 per barrel di ICE Futures exchange, London. Pada 14 April Brent naik 71 cents, atau 1%, untuk menutup pada $ 70,57 per barrel setelah memecahkan rekor $ 69 pada 11 April.

Sumber : www.bloomberg.com

Share This