Select Page

PetroChina Co. akan membangun pengilangan minyak pertamanya di Wilayah Otonomi Guangxi Zhuang, selatan China.

PetroChina Co., anak perusahaan China National Petroleum Corp., akan membangun pengilangan minyak pertamanya di Wilayah Otonomi Guangxi Zhuang, selatan China, seorang pejabat lokal mengatakan, Kamis.

Wakil Walikota Qinzhou, Wang Delun mengatakan PetroChina akan menjalankan 13 milyar yuan ($ 1,62 milyar) untuk konstruksi pengilangan, sementara kota akan menyediakan 133 hektar lahan.

‘Bila National Development and Reforming Commission menyetujui proyek ini, konstruksi akan mulai dan sepertinya tahun ini,’ kata Wang pada eksibisi investasi di Hong Kong.

Qinzhou berada di pantai selatan Guangxi, sebuah titik perjalanan yang indah.

‘Fase pertama pengilangan akan memiliki 10 juta ton kapasitas, dengan perkiraan nilai 40 milyar yuan output dan 4 milyar yuan dalam pendapatan pajak tahunan,’ kata Wang.

Bergantung pada permintaan, fase ke-2 pengilangan bisa meningkatkan kapasitas produksi hingga 25 juta ton setahun, katanya menambahkan.

Wang mengatakan lokasi strategis pengilangan di selatan China akan memasok permintaan pasar untuk produk kilangan di selatan, dan akan memotong biaya transportasi untuk minyak mentah dari wilayah selatan.

Pengilangan akan beroperasi tahun 2008, untuk merayakan China sebagai tuan rumah Olimpiade, kata Sekretaris Komisi Qinzhou, Huang Daowei.

PetroChina memiliki 27 poengilangan di China, semuanya di bagian utara negara ini, menurut website perusahaan.

Sumber : www.tmcnet.com

Share This