Select Page

Baku-Tblisi-Ceyhan Pipeline Co. mengadakan pembicaraan dengan sejumlah produsen minyak di Kazakhstan bertujuan memperoleh minyak mentah untuk ditransmisikan melalui jalur ini.

Penulis asli : Eric Watkins

Baku-Tblisi-Ceyhan Pipeline Co. mengadakan pembicaraan dengan sejumlah produsen minyak di Kazakhstan bertujuan memperoleh minyak mentah untuk ditransmisikan melalui jalur ini.

Sementara pencampuran minyak dengan kandungan sulfur tinggi tidak akan dialirkan melalui jalur 1.768-km, laju khusus akan mengaplikasikan campuran lain dengan berbagai kualitas dari Azeri Light, menurut David Woodward, kepala eksekutif BP-Azerbaijan, yang memegang 30,1% dari proyek.

‘Untuk campuran yang bisa untuk ditransportasikan, sebuah skema khusus akan diterapkan jika beberapa campuran memiliki kualitas lebih rendah daripada Azeri Light, misalnya 5%, maka pada keluaran minyak di Ceyhan, shipper akan menderita 5% kerugian minyak,’ katanya.

Woodward juga menyatakan bahwa pengeluaran proyek akan meningkat hingga $ 3,9 milyar dari rencana $ 2,95 milyar, karena pengeluaran yang lebih tinggi dalam mengisi pipa dengan minyak, delay, dan isu komersial dengan kontraktor.

Pada awal April, pejabat di Azerbaijan menyatakan bahwa pengeluaran State Oil Fund dalam proyek Azerbaijan akan melewati jumlah yang disetujui tahun ini—$ 41,7 juta.

‘Kami kira konstruksi pipa akan selesai lebih cepat,’ kata Samir Sarifov, direktur eksekutif pendanaan. ‘Bagaimanapun, ada beberapa penundaan dalam bagian pipa Turki, yang sedang dipasang oleh Botas Co. Maka, ada beberapa peningkatan dalam pengeluaran proyek.’

Menurut pejabat Turki, tanker minyak mentah pertama dari jalur ini akan dimuati 27 Mei pada terminal ekspor di pelabuhan Ceyhan, Mediterania, Turki.

Sumber : ogj.pennnet.com

Share This