Presiden Saudi Aramco dan Chief Executive Abdallah S. Jum_ah dan Presiden Sinopec Group Chen Tong Hai telah menandatangani sebuah memorandum of understanding yang menjanjikan Aramco memasok Sinopec dan afiliasinya dengan 1 juta b/d minyak mentah Arab untuk 2010.

Penulis asli :Eric Watkins

Presiden Saudi Aramco dan Chief Executive Abdallah S. Jum’ah dan Presiden Sinopec Group Chen Tong Hai telah menandatangani sebuah memorandum of understanding yang menjanjikan Aramco memasok Sinopec dan afiliasinya dengan 1 juta b/d minyak mentah Arab untuk 2010.

Sinopec dan Aramco juga menekankan kembali minat mereka dalam mengekspansi hubungan bisnis jangka panjangnya.

Memorandum ini difokuskan pada aspek komersial dan teknis kolaborasi perusahaan dalam area pemrosesan dan penyimpanan komersial minyak mentah, produksi dan eksplorasi gas alam, produk petroleum, dan turunan petrokimia.

MOU juga meliputi pembangunan bersama negara di China: Proyek Etilen dan Pengilangan Fujian dan Proyek Pengilangan Qingdao.

Aramco dan Sinopec sepakat untuk membangun Joint Venture Etilen Fujian dan Joint Venture Pemasaran Fujian tahun ini. Mereka sepakat bahwa Proyek Integrasi Etilen dan Pengilangan akan mulai produksi awal 2009.

Untuk Proyek Pengilangan Qingdao, perusahaan sepakat untuk memperpanjang usaha bersamanya untuk mencapai perjanjian untuk partisipasi Aramco dan untuk memenuhi jadwal on stream pabrik tahun 2008.

Sumber : ogj.pennnet.com