Select Page

Konstruksi kedua pipa gas alam Alaska dan pipa Mackenzie River Delta diperlukan untuk membantu memenuhi permintaan gas yang meningkat, menteri industri, turisme, dan investasi Northwest Territories mengatakan dalam konferensi strategi gas Ziff Energy Group.

Penulis asli : Paula Dittrick

Konstruksi kedua pipa gas alam Alaska dan pipa Mackenzie River Delta diperlukan untuk membantu memenuhi permintaan gas yang meningkat, menteri industri, turisme, dan investasi Northwest Territories mengatakan dalam konferensi strategi gas Ziff Energy Group.

Berbicara di Houston 25 April, Menteri Brendan R. Bell mengatakan persaingan antara sponsor proyek Alaska dan Mackenzie River Delta untuk membangun pipa gas arktik pertama telah berkembang menjadi usaha kooperatif, sebagian dalam antisipasi impor LNG yang meningkat.

Proyek Kanada muncul sekitar 2 tahun sebelum pipa Alaska dalam proses regulatori dan pembuatan permit. Bell mengharapkan pipa Mackenzie dibangun terlebih dahulu, mencegah kompetisi antara kedua pipa yang diusulkan, dalam hal tenaga kerja dan baja.

‘Jam telah berdetak secara kolektif untuk kedua proyek ini,’ kata Bell. ‘Kami harus mengirimkan gas ini ke pasaran. Yang dijalankan secara kering untuk Alaska adalah Mackenzie.’

Katanya, Northwest Territories dan Alaska dalam pembahasan mengenai training penduduk untuk bekerja dalam kedua pipa ini.

‘Minat pertama kami adalah untuk melatih penduduk lokal,’ kata Bell. ‘Akan ada banyak kesempatan kerja bagi masyarakat.’

Latar Belakang

Pipa Mackenzie senilai $7 milyar (Can.) yang diusulkan terbentang lebih dari 750 mil untuk mentransportasikan gas Mackenzie River Delta ke Alberta dan sekitarnya. Rencana disebutkan untuk kapasitas awal 1,2 bcfd, bisa ditingkatkan menjadi 1,8 bcfd.

Proyek telah beralih ke tinjauan regulatori. Hearing sebelum Joint Review Panel dan National Energy Board diharapkan selesai akhir tahun. Konstruksi bisa dimulai akhir 2007, dan sistem bisa dioperasikan akhir 2011, kata Bell.

Banyak masalah yang belum terselesaikan, termasuk pengaturan akses lahan. Grup aborigin, Deh Cho First Nations (DFN) di bagian selatan rute yang diusulkan tetap berada diluar Mackenzie Valley Aboriginal Pipeline Group, yang memiliki 33,3% interest dalam proyek. Tiga grup aborigin lainnya telah bergabung dengan proyek.

Bell mengatakan DFN mendukung pembangunan pipa, tapi memiliki kekhawatiran termasuk akses lahan. Selain Aboriginal Pipeline Group, rekanan lain adalah Imperial Oil Ltd. 34.4%, ConocoPhillips Canada 15.7%, Shell Canada 11.4%, dan ExxonMobil Canada 5.2%.

Pipa Alaska

Pipa Gas Alaska Highway akan memindahkan gas North Slope ke Lower 48. Alaska dan ketiga produsen North Slope telah sepakat dalam kontrak pipa, kata Gubernur Frank H. Murkowski, yang mengusulkan legislasi untuk mereformasi pajak produksi minyak Alaska.

Para produsen ini adalah anak perusahaan BP PLC di Alaska, ExxonMobil Corp., dan ConocoPhillips. Murkowski mengatakan masalah teknis yang berhubungan dengan kontrak dan syarat kestabilan fiskal minyak masih harus ditetapkan.

Bila legislatur Alaska menyetujui kontrak, kelompok produsen bisa membuat rencana dan mencari permit. Proyek ini juga akan membutuhkan permit dan hak jalan melalui Kanada.

Sumber : ogj.pennnet.com

Share This