Select Page

Rusia mulai Jumat akan melakukan konstruksi pipa minyak terpanjangnya dari Siberia Timur ke Pantai Pasifik, yang mengirimkan minyak mentah ke Jepang, China, Korea Selatan dan negara-negara di Asia dan Pasifik lainnya.

Rusia mulai Jumat akan melakukan konstruksi pipa minyak terpanjangnya dari Siberia Timur ke Pantai Pasifik, yang mengirimkan minyak mentah ke Jepang, China, Korea Selatan dan negara-negara di Asia dan Pasifik lainnya.

Dmitry Ogulchansky, Deputi Direktur Jenderal Project Operator Center, mengatakan tidak akan ada lagi aktivitas sosial besar di kota Taishet, dimana konstruksi dimulai. “Lapisan-lapisan pipa akan menempatkan pipa pertama ke dalam terowongan dan pengelasan pertama akan dimulai”, katanya.

Monopoli pipa Transneft mengatakan tempat konstruksi telah dipersiapkan sepanjang lebih dari 4000-km.

“Sekarang jelas bagi semuanya, khususnya bagi pesaing proyek, bahwa pipa ini akan dibangun,” ujar Wakil Presiden Transneft, Sergei Grigoryev pada Tass. “Perselisihan ini akhirnya selesai, dan sekarang kami bisa melakukan konstruksi”.

Perselisihan antara Transneft dan para ahli ekologi selesai setelah Presiden Vladimir Putin turun tangan, Rabu, dan memerintahkan untuk memindahkan pipa 40 km menjauh dari Danau Baikal dari sebelumnya 800 m. Sekarang akan dilakukan diluar intake perairan dan zona seismik Baikal, yang merupakan permintaan besar dari para ahli ekologi dan pemerintah lokal.

Grigoryev mengatakan sejauh ini belum jelas sebesar apa rute baru akan meningkatkan biaya proyek. “Dalam setahun kami akan membuat studi kelayakan dan biaya konstruksi total akan jelas setelah itu,” katanya.

Kapasitas tahunan pipa 80 juta ton minyak mentah. Tujuan utamanya sejauh ini adalah Teluk Perevoznaya Bay dekat pelabuhan Nakhodka, yang mampu mengakomodasi tanker hingga 300.000 ton berat mati. Terminal minyak akan dibangun disana. Tetapi, Transneft mengatakan pilihan lain masih memungkinkan. Cabang ke China dengan kapasitas tahunan 30 juta ton akan dimulai dekat Skovorodino.

Total biaya proyek diperkirakan 16 milyar US dollar. Ini akan didanai oleh dana Transneft sendiri dan melalui kredit bank. Presiden Transneft, Semen Vainshtok sebelumnya berbicara tentang kredit 13,4-milyar dari Sberbank dan mengenai pembicaraan dengan konsorsium bank-bank barat mengenai kredit 2-milyar dollar.

Konstruksi akan diselesaikan akhir 2008. Awalnya pipa akan memompa minyak mentah dari Siberia Barat sepanjang pipa Omsk-Irkutsk yang akan bergabung dengan proyek baru di Taishet. Di masa mendatang, hidrokarbon dari Siberia Timur dan Yakutia akan diikutkan juga.

Transneft mengatakan 22 juta ton minyak mentah Rosneft Company dan 8 juta ton Surgutneftegaz Company akan dipompa pada tahap awal.

Sumber : www.tass.ru

Share This