Pan-Ocean Energy Corp. Ltd., St. Helier, Jersey, UK, baru-baru ini menyelesaikan 3 development wells dan sedang mengerjakan yang lainnya, semua di bagian timur laut lapangan minyak Tsiengui di Gabon.

Pan-Ocean Energy Corp. Ltd., St. Helier, Jersey, UK, baru-baru ini menyelesaikan 3 development wells dan sedang mengerjakan yang lainnya, semua di bagian timur laut lapangan minyak Tsiengui di Gabon.

Hasil uji produksi belum tersedia untuk 3 sumur yang selesai, yang bersama dengan sumur yang ada, mampu memroduksi 7.200 b/d minyak (6.660 b/d netto), kata Pan-Ocean.

Sumur-sumur yang telah selesai di Tsiengui sekarang berjumlah 6 sumur. Pan-Ocean mengatakan ia mengharapkan memiliki 8-9 sumur produksi di Tsiengui, yang memiliki kemampuan 9.000-10.000 b/d netto, saat ia mengekspor pipa yang dilakukan bulan Juli. Ini menambah output produksi total lapangan hingga 18.000 b/d.

Development well pertama, TST-5, dibor dengan ukuran TD 2.368 m, termasuk lebih dari 500 m horizontal drain yang telah diselesaikan di Cretaceous Gamba sandstone.

TST-6, diselesaikan 1 bulan kemudian, mencapai ukuran kedalaman 2.706 m. Sumur ini ditargetkan mencapai tepi timur lapangan. Ini termasuk sebuah horizontal drain 844 m, yang merupakan oil-bearing dari kedua zona Gamba dan Dentale. 500 m dari drain yang lalu diselesaikan untuk produksi di masa mendatang. Pan-Ocean bermaksud untuk mengeluarkan zona Dentale dari penyelesaian sumur ini untuk alasan engineering produksi.

Hasil sumur TST-6 masih dievaluasi tapi menunjukkan Dentale merupakan ‘reservoir yang luar biasa,’ kata Pan-Ocean. Hasil pengeboran juga mengungkap bahwa Tsiengui secara struktur lebih tinggi di bagian tengah lapangan, dan batas timur lapangan diperluas lebih jauh ke timur dibanding interpretasi sebelumnya.

Sumur TST-7, dengan 650 m horizontal drain, digunakan untuk menguji potensi produksi di seluruh zona Dentale untuk pertama kalinya di Tsiengui. Hasil logging bagian drain menunjukkan sifat-sifat reservoir yang luar biasa, sama dengan di lapangan minyak Obangue ke selatan, kata Pan-Ocean.

Rig pengeboran KCA Deutag T-48 saat in mengebor development well yang ke-7 —TST-8— sebuah horizontal drain Gamba. Ini adalah sumur horizontal perusahaan yang pertama tahun ini.

Sementara itu, konstruksi pipa ekspor minyak mentah yang dioperasikan dan dimiliki seluruhnya oleh Pan-Ocean berada dalam jadwal, dengan sekitar 23 km dari 33 km pipa 10-in. telah selesai. Konstruksi awal 2 stasiun reheating dan repumping juga sedang dilakukan. Penyelesaian pipa dijadwalkan bulan Juni, dan commissioning direncanakan dengan penyelesaian Fasilitas Produksi Sentral Tsiengui dan Stasiun Pompa Ekspor Coucal pada bulan Juli 2006.

Sumber : ogj.pennnet.com