BP PLC, operator lapangan kondensat dan gas alam Shah Deniz di Laut Kaspia, Azerbaijan, telah menyelesaikan tahap pertama pembangunan lapangan—pemasangan platform produksi dan pipanya sepanjang 100 km di selatan Baku.

BP PLC, operator lapangan kondensat dan gas alam Shah Deniz di Laut Kaspia, Azerbaijan, telah menyelesaikan tahap pertama pembangunan lapangan—pemasangan platform produksi dan
pipanya sepanjang 100 km di selatan Baku.

McDermott Caspian Contractors Inc. memasang platform tetap (fixed platform), dimana 10 sumur akan dibor, dan 100 km jalur gas 26-in. dan jalur cairan 12-in. ke fasilitas stabilisasi kondensat dan pemrosesan gas onshore baru di terminal Sangachal di selatan Baku.

Shah Deniz, yang memiliki cadangan gas dengan perkiraan 25-35 tcf, diharapkan memroduksi 8,5 miliar m3/tahun gas dan 37.000 b/d kondensat. Produksi pertama dijadwalkan untuk 30 September.

Gas akan dikirim dengan pipa melalui ibukota Georgia, Tbilisi ke Erzurum, Turki, melalui 690 km pipa gas South Caucasus dari terminal, dengan beberapa cadangan gas untuk Azerbaijan dan Georgia. Kondensat akan dikirim dengan pipa ke Ceyhan, Turki.

BP adalah operator teknis lapangan dan terminal, dan Statoil ASA adalah operator komersial, bertanggung jawab untuk penjualan gas, administrasi kontrak, dan pengembangan bisnis.

Disamping BP dan Statoil, yang masing-masing memegang 25,5% interest, konsorsium pemegang saham Shah Deniz termasuk State Oil Co. dari Republik Azerbaijan, Total SA, Naftiran Intertrade Co. Ltd., dan LukAgip NV—masing-masing memegang 10%—dan Turkiye Petrolleri Anonim Ortakligi, 9%.

Konsorsium memiliki dana $ 3,2 miliar untuk pembangunan upstream dan midstream.

Sumber : www.ogj.com