Presiden Venezuela, Hugo Chavez memperingatkan, Senin, bahwa serangan militer apapun atas Iran akan mengirim harga minyak mentah melangit.

Presiden Venezuela, Hugo Chavez memperingatkan, Senin, bahwa serangan militer apapun atas Iran akan mengirim harga minyak mentah melangit.

Dunia harus melakukan apapun yang bisa dilakukan untuk menghindari serangan US atas Iran, kata Chavez pada konferensi berita dengan walikota London, Ken Livingstone, menambahkan ‘Eropa memiliki peran penting untuk dimainkan’.

Chavez mengatakan tidak yakin Iran berusaha memroduksi senjata atom.

‘Saya yakin bahwa US atu siapapun tidak memiliki hak … untuk melarang sebuah negara untuk memiliki energi nuklir,’ kata Chavez, yang sedang dalam 2 hari kunjungan pribadi ke London atas undangan Livingstone.

Pada Minggu siang, Chavez menghadiri pertemuan di London yang diselenggarakan oleh Livingstone bahwa serangan militer US atas Iran akan mengarahkan Teheran untuk menghentikan pasokan minyaknya.

Serangan apapun atas Iran bisa menjadi ‘eskalasi yang buruk’ bagi konflik di Timur Tengah, kata Chavez.

Pada konferensi berita, Chavez juga mengumumkan sebuah rencana untuk memberikan heating oil untuk penduduk miskin di London secara gratis atau dengan potongan harga.

Chavez tiba di London hari Minggu, setelah berpartisipasi dalam pertemuan Uni Eropa – Amerika Latin yang diselenggarakan di Wina, tapi ia tidak akan bertemu dengan Perdana Menteri Inggris, Tony Blair.

Selama perjalanan, Chavez bertemu anggota parlemen sayap kiri, trade unionists dan Walikota London, Ken Livingstone. Dan dijadwalkan meninggalkan Inggris menuju Libya hari Selasa.

Sumber : news.xinhuanet.com