Perusahan milik negara, Sonangol, telah mengumumkan penawar yang memenangkan 5 blok di Angola dan melaporkan interest yang tinggi dalam dua lainnya.

Perusahan milik negara, Sonangol, telah mengumumkan penawar yang memenangkan 5 blok di Angola dan melaporkan interest yang tinggi dalam dua lainnya.

Penawaran yang berhasil ini adalah untuk perairan dangkal Blok 1, 5, dan 6, bagian terpisah dari Blok perairan dalam 15, dan Blok perairan dalam 26. Syarat-syarat partisipasi adalah production-sharing.

Interest di blok ini adalah Tullow Oil, sebagai operator, 50%; Sonangol P&P, 20% melalui eksplorasi; ProdOil, 20%; dan Force Petroleum, 10%. Penganugerahan ini disubjekkan untuk klarifikasi dan perjanjian syarat dan kondisi.

Untuk Blok 5, Vaalco Energy bertindak sebagai operator dengan 40% interest. Interest lain adalah InterOil E&P SA, 40%, dan Sonangol, 20%.

Interest di Blok 6 adalah Petrobras, sebagai operator, 40%; Sonangol 20%; InterOil 20%; dan Falcon Oil dan Initial Oil & Gas SA, masing-masing 10%.

Interest Blok 15 adalah ENI Angola, sebagai operator, 35%; Sonangol 15%; SSI 20%; Total E&P 15%; dan Falcon Oil, Statoil ASA, dan Petrobras, masing-masing 5%.

Untuk Blok 26, Petrobras bertindak sebagai operator dengan 80% interest, dan Sonangol memegang 20% interest.

Sonangol mengatakan 18 perusahan minyak internasional dan domestik memasukkan proposal untuk berpartisipasi dalam Blok perairan dalam 17 dan 18, penawaran yang harus mengikutsertakan investasi dalam konstruksi untuk 200.000 b/d pengilangan nomor asam total tinggi (high total-acid-number refinery) di Lobito, Provinsi Beguela.

Perusahaan ini pada 9 Mei menyelenggarakan pembukaan publik untuk tender blok-blok, yang masing-masing menarik bonus signatur $ 1,1 miliar. Rekor bonus signatur Angola sebelumnya adalah $ 902 juta untuk bagian terpisah Blok 15.

Sonangol mengharapkan evaluasi tender blok 17 dan 18 akan selesai awal Juni.

Sumber : www.ogj.com