Select Page

Harga minyak naik menjadi $ 72, Selasa, perselisihan antara Iran dan Barat atas program nuklir Teheran bergejolak dan delegasi OPEC mengatakan kartel akan tetap memompa pada laju mendekati maksimum untuk meredakan kekhawatiran pasar.

Harga minyak naik menjadi $ 72, Selasa, perselisihan antara Iran dan Barat atas program nuklir Teheran bergejolak dan delegasi OPEC mengatakan kartel akan tetap memompa pada laju mendekati maksimum untuk meredakan kekhawatiran pasar.

Minyak mentah US untuk pengiriman Juli diperdagangkan 38 cents lebih tinggi pada $ 71,75 per barrel, 0053 GMT. Minyak mentah Brent London diperdagangkan 32 cents lebih tinggi pada $ 70,91, setelah kedua pasar ditutup, Senin, karena libur.

‘Penguatan ini sedikit mengejutkan tapi masyarakat melihat Iran dan menunggu pertemuan besar OPEC,’ kata Tetsu Emori, ahli strategi komoditas di Mitsui Bussan Futures, Tokyo.

Presiden OPEC, Edmund Daukoru mengatakan pada Reuters, Senin, kartel mungkin akan menjaga kuota agar tidak berubah pada pertemuannya di Caracas, Kamis, dan tetap memompa semampunya, untuk menghindari tingginya harga dan memicu investasi alternatif.

Selain produksi tinggi dari kartel, yang mengendalikan sekitar setengah ekspor minyak dunia, trader khawatir perselisihan antara anggota OPEC, Iran, dan Barat mengarah pada gangguan pasokan.

Iran mengatakan, Senin, tidak ada maksud memindahkan semua pekerjaan pengayaan uranium ke Rusia, menghilangkan kecemasan akan penggunaan teknologi bahan bakar nuklir untuk membuat bom atom.

US mendorong Eropa dan Jepang untuk menggunakan sanksi untuk menekan Iran jika diplomasi gagal menyelesaikan masalah nuklir ini, Washington Post melaporkan, Senin.

Kekuatan dunia diperkirakan bertemu minggu ini di Eropa untuk menyelesaikan paket insentif dan sanksi.

Kekhawatiran atas harga tinggi memacu inflasi dan memperlambat pertumbuhan permintaan telah menyeimbangkan kekhawatiran akan gangguan pasokan dalam beberapa minggu, membawa minyak turun dari rekor $ 75,35 bulan April. Harga tetap 17% lebih tinggi tahun ini.

Permintaan minyak yang nyata di China naik 10,8% bulan April ini dibanding setahun lalu, kenaikan tertinggi sejak 2004, seperti peningkatan dalam state-set prices mendorong pengilang untuk meningkatkan pasokan, kalkulasi berdasarkan data resmi yang ditunjukkan Senin kemarin.

Penjualan mobil di China naik hampir setengahnya dalam empat bulan pertama tahun ini, menambah 20% kenaikan permintaan gasolin.

Heating oil US juga menunjukkan penguatan, Selasa, saat trader khawatir akan hukum lingkungan yang lebih ketat akan bahan bakar motor.

Pengilang telah meningkatkan perolehan gasolin sebelum puncak permintaan berkendaraan di belahan bumi utara, membawa peningkatan inventori gasolin di US.

Sumber : www.thanhniennews.com

Share This