Presiden OPEC, Edmund Daukoru, Senin, menghimbau komunitas internasional untuk menyelesaikan ketegangan geopolitik yang mendorong tingginya harga minyak.

Presiden OPEC, Edmund Daukoru, Senin, menghimbau komunitas internasional untuk menyelesaikan ketegangan geopolitik yang mendorong tingginya harga minyak.

‘Ketegangan geopolitik … biarkan komunitas global menyelesaikannya,’ kata Daukoru, menekankan bahwa 11-anggota Organization of Petroleum Exporting Countries tidak memiliki peran politik. ‘OPEC bukan organisasi politik,’ katanya. ‘OPEC berkomitmen pada stabilisasi pasar.’

Daukoru, yang juga menteri petroleum Nigeria, memberi komentar pada konferensi pers di Seoul. Ia berada di Korea Selatan untuk bertemu dengan pejabat resmi dan menghadiri forum energi dengan eksekutif bisnis Korea Selatan.

Harga minyak, Senin, naik di Asia setelah pemimpin tertinggi Iran mengatakan sehari sebelumnya bahwa bangsanya bisa mengancam pasokan minyak dunia jika Barat menghukum Teheran atas program nuklirnya. Minyak mentah jenis light, sweet untuk pengiriman Juli naik US$ 1,02 menjadi US$ 73,35 per barrel dalam perdagangan elektronik di New York Mercantile Exchange.

Ayatollah Ali Khamenei, yang memiliki keputusan final, mengatakan pada bangsa Barat dalam pidatonya : ‘Jika Anda melakukan kesalahan (menghukum atau menyerang Iran), maka pengiriman energi dari wilayah ini akan terancam.’

Daukoru mengatakan perhatian utamanya mengenai tingginya harga minyak adalah hal ini akan mengalihkan investasi menjauh dari bahan bakar fosil dan menjadi sumber energi alternatif.

‘Saya bisa mengatakan pada Anda bahwa kami cemas dengan tingginya harga minyak,’ katanya. ‘Karena pada level psikologi tertentu kompetisi bahan bakar alternatif akan mulai mengalihkan investasi dari sektor minyak.’

Daukoru mengatakan bahwa tingginya harga minyak saat ini terutama disebabkan oleh kendala seperti kurangnya kapasitas kilang. Ia menambahkan bahwa berbagai faktor termasuk infleksibilitas dalam spesifikasi gasolin dari berbagai negara, ketegangan geopolitik dan kendala pendanaan juga memainkan peranan.

Sumber : www.chinapost.com.tw