Select Page

Sepuluh negara Amerika Latin dipimpin Mexico dan Colombia sepakat untuk membangun sebuah kilang sebesar 350.000 b/d di Amerika Tengah.

Penulis : Peter Howard Wertheim

Sepuluh negara Amerika Latin dipimpin Mexico dan Colombia sepakat untuk membangun sebuah kilang sebesar 350.000 b/d di Amerika Tengah yang dirancang untuk memastikan pasokan energi dengan harga istimewa.

Para pemimpin dari Mexico, Colombia, Republik Dominika, dan tujuh negara Amerika Tengah saat ini meluncurkan Program Integrasi Energi Mesoamerika (Mesoamerican Energy Integration Program), yang bertujuan untuk berinvestasi paling tidak $ 7 miliar dalam fasilitas.

Mexico telah menawarkan untuk memasok 230.000 b/d minyak dengan harga pasaran ke kilang dengan rencana penyelesaian tahun 2011, menurut Deputi Kementerian Energi Mexico, Hector Moreira.

Kilang ini adalah bagian dari inisiatif pembangunan energi yang ambisius yang juga meliputi transportasi pipa untuk gas alam sepanjang Pantai Pasifik. Program senilai $ 7-9 miliar ini menyediakan outlet untuk minyak dan gas. Ini bisa berbenturan dengan rencana pemerintah Venezuela untuk memasok di wilayah itu.

‘Kami akan menjual dengan harga pasar. Tidak akan ada subsidi kilang,’ kata Moreira.

Para presiden negara Amerika Tengah merencanakan mengajak Republik Dominika mendiskusikan ukuran dan lokasi kilang ini.

Sumber : www.ogj.com

Share This