Tidak ada potongan harga jika pemerintah Barbados membeli minyak dari Venezuela.

Tidak ada potongan harga jika pemerintah Barbados membeli minyak dari Venezuela.

Sebagai akibatnya, tidak masuk akal bagi Barbados untuk menandatangani perjanjian PetroCaribe dan membeli minyak secara kredit, karena mungkin produk minyak Trinidad bisa jadi lebih murah.

Itulah pendirian Senator Tyrone Barker yang menjelaskan produk Venezuela tidak lebih murah dari Trinidad, karena Venezuela lebih jauh, maka biaya transportasi akan lebih mahal.

Berbicara mengenai program call-in kemarin, Sekretaris Parlemen di bawah Kementrian Hubungan Ekonomi dan Keuangan mengatakan bahwa pemerintah telah melihat perjanjian PetroCaribe untuk jangka panjang dan menemukan bahwa ini tidak menguntungkan.

Katanya, dalam sudut pandangnya, Trinidad adalah tempat ideal untuk menangani permintaan petroleum Karibia, tapi mereka harus melakukan lebih dalam hal syarat-syarat, sehingga memungkinkan dan memberi potongan harga yang lebih baik.

Karena Trinidad adalah rekan CARICOM, akan lebih baik untuk membeli minyak dengan tunai dari negeri itu, karena 20% Common External Tariff (CET) akan dikenakan sebagai penalti jika negara-negara membeli produk dari luar wilayah.

Ketika dihubungi, Senator Barker menyebutkan bahwa Trinidad telah menaikkan 20% tarif untuk beberapa pulau, tapi ketika ditanya, ‘Apakah akan menaikkan juga untuk Barbados?’

Sementara minyak dari Venezuela dijual dengan harga internasional, karena Venezuela adalah bagian dari OPEC dan tidak bisa menjual produk lebih murah dari harga dunia, Senator Barker mengatakan, seperti PetroCaribe hanya memperbolehkan negara untuk membeli produk petroleum dengan kredita. Harga akan sama, dan jika memberi biaya pengiriman yang tinggi, maka kemungkinan harga akan naik.

Sumber : www.barbadosadvocate.com