Perusahaan independen berencana untuk mengeksplorasi beberapa blok di basin Kom Ombo sepanjang Nil di Mesir.

Perusahaan independen berencana untuk mengeksplorasi beberapa blok di basin Kom Ombo sepanjang Nil di Mesir Atas.

Groundstar Resources Ltd., Calgary, menandatangani sebuah perjanjian preliminary farmout dengan Pan Pacific Petroleum Egypt Pty. Ltd., Sydney, meliputi Blok 3 Kom Ombo Barat.

Groundstar akan membayar 75% biaya untuk 2 fase eksplorasi pertama untuk mengakuisisi 42,5% working interest di 42,291 km2 Blok 3. Komitmen terhadap Groundstar adalah $ 2,25 juta dan $ 3 juta. Periode ke-dua memerlukan pemboran 2 sumur.

Centurion Energy International Inc., Calgary, yang mengoperasikan Blok 2 di timur Blok 3, mengakuisisi 516 km data seismik 2D bulan Maret dan telah mengidentifikasi 11 prospek. Centurion berencana membor satu sumur atau lebih pada awal 2007. Sebuah sumur yang dibor oleh operator Blok 2 terdahulu, Repsol YPF SA menguji minyak 39° gravity, membangun kehadiran sistem petroleum yang aktif di area tersebut.

TransGlobe Energy Corp. dan Arsenal Energy Inc., yang mengandalikan Nuqra, blok selanjutnya di timur, telah selesai mengakusisi 800 km seismik 2D bulan April. Mereka mengidentifikasi hingga delapan prospek dan memimpin dan merencanakan 2 sumur eksplorasi di akhir 2006 pada 7,5 juta acre perjanjian.

Tiga blok mengambil seluruh basin Kom Ombo-Kharit, yang dikatakan Groundstar memiliki kesamaan yang besar dengan produksi minyak di basin celah Sudan.

RWE Dea AG dari Jerman memegang blok di utara Blok 3, dan program kerjanya tidak diketahui. Studi eksplorasi di Block 3 meliputi 835-km grid seismik 2D dan survey aeromagnetik yang menunjukkan bahwa tren basin Centurion dan TransGlobe dilanjutkan menuju barat laut ke Blok 3 dan mungkin lebih jauh ke utara menuju blok RWE Dea, menurut Groundstar. Data aeromagnetik mendukung tren basin ke-dua di Blok 3 ke tenggara, katanya.

Sumber : www.ogj.com