Select Page

Menteri Perminyakan Kazem Vaziri-Hamaneh mengatakan bahwa Iran siap untuk bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan asing dalam membuat kilang-kilang, khususnya untuk minyak berat.

Menteri Perminyakan Kazem Vaziri-Hamaneh, Jumat, mengatakan bahwa Iran siap untuk bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan asing dalam membuat kilang-kilang, khususnya untuk minyak berat.

Iran saat ini mengekspor semua minyak mentah berat yang diekstrak dari lapangan minyak Surush dan Noruz, tapi ingin melakukan pengilangan di Iran untuk masa mendatang, kata menteri perminyakan.

Ia menambahkan bahwa 55.000-60.000 barrel minyak berat dikonversi menjadi produk minyak ringan (light oil products) setiap hari di Kilang Bandar Abbas.

Iran dan Indonesia menandatangani kesepakatan senilai $ 5 miliar, 10 Mei untuk membangun kilang minyak di Jawa. Kilang ini akan dipasok minimum 100.000 bpd minyak mentah Iran selama 20 tahun. Kilang 300.000-bpd akan mulai produksi 2010, dengan 70% produknya ditujukan untuk pasar China dan Asia lainnya.

Sumber : www.tehrantimes.com

Share This