Select Page

Harga minyak mentah dunia naik untuk hari ke-dua, Kamis, di tengah kecemasan atas Iran, juga kenaikan cadangan gasolin US yang di bawah perkiraan.

Pliny Han

Harga minyak mentah dunia naik untuk hari ke-dua, Kamis, di tengah kecemasan atas Iran, juga kenaikan cadangan gasolin US yang di bawah perkiraan.

Kontrak utama New York, minyak mentah jenis light sweet untuk pengiriman bulan Agustus, menguat 51 cents mendekati 70,84 dollar per barrel.

Di London, minyak mentah brent Laut Utara untuk pengiriman Agustus naik 78 cents menjadi 69,95 dollar per barrel.

Sekretaris Jenderal PBB, Kofi Annan mengatakan, Kamis, bahwa Iran dengan serius mempertimbangkan tawara negosiasi atas rencana energi nuklirnya yang dibuat oleh lima anggota tetap DK-PBB dan Jerman.

Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad mengatakan, Rabu, bahwa Iran akan menjawab pada pertengahan Agustus atas proposal yang diajukan ke Teheran awal Juni oleh kepala kebijakan asing Uni Eropa, Javier Solan.

Department of Energy, US melaporkan, Rabu, bahwa cadangan gasolin naik 300.000 barrel menjadi 213,4 juta minggu lalu. Peningkatan ini di bawah 1,5 juta barrel yang telah diperkirakan analis.

Inventori minyak mentah komersial US naik 1,4 juta barrel menjadi 347,1 juta, level tertingginya sejak akhir Mei 1998, dalam minggu yang berakhir 16 Juni.

Pasokan gasolin diawasi dengan cermat karena musim permintaan puncak di US. Dalam empat minggu ke belakang, permintaan gasolin 0,9% lebih tinggi dibandingkan setahun yang lalu.

Sumber : news.xinhuanet.com

Share This