Select Page

SINOCHEM Corp telah mengumumkan rencana membangun sebuah kilang dengan kapasitas produksi tahunan 1,2 juta ton di timur China, Provinsi Zhejiang.

Penulis : Fu Chenghao

SINOCHEM Corp telah mengumumkan rencana membangun sebuah kilang dengan kapasitas produksi tahunan 1,2 juta ton di timur China, Provinsi Zhejiang.

Pedagang bahan kimia terbesar di negara itu dan perusahaan minyak terbesar ke-empat telah menandatangani sebuah perjanjian dengan pemerintah Zhoushan untuk menyelesaikan proyek 20 miliar yuan (US$ 2,5 miliar), China Petroleum and Chemical Industry Association mengatakan di Website, Senin.

Sebuah studi kelayakan diharapkan selesai 2008, dan perusahaan menginginkan proyek dimasukkan dalam rencana lima-tahun ke-12 bangsa ini, yang dimulai tahun 2011.

China bermaksud untuk meningkatkan kapasitas kilang minyak lebih dari 20% dan lebih dari dua kali lipat kapasitas etilen dalam lima tahun mendatang untuk menurunkan ketergantungan akan impor, dikatakan National Development and Reform Commission, Maret lalu.

Negara bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kilag minyak tahunan sebanyak 90 juta ton untuk 2010. Kapasitas tahun lalu adalah 328 juta ton.

Pemerintah juga berencana untuk meningkatkan kapasitas produksi tahunan etilen, bahan baku untuk produk petrokimia mulai dari plastik hingga cat, hingga lebih dari 18 juta ton tahun 2010, dari 7,55 juta ton tahun lalu, dengan membangun pabrik baru dan mengekspansi fasilitas yang ada.

Tahun lalu, China mengimpor lebih dari setengah kebutuhan etilennya karena terbatasnya output domestik.

Raksasa enegri seperti China Petroleum & Chemical Corp, pengilang terbesar di Asia, dan PetroChina Co, produsen minyak terbesar di negara itu, telah mengumumkan beberapa proyek kilang besar.

China Petroleum, juga dikenal dengan nama Sinopec, berencana untuk membangun pabrik etilen di Shanghai dan Wuhan di China tengah, Provinsi Hubei, menurut Reuters. Kedua pabrik masih dalam tahap penelitian.

Kapasitas terproyeksi di perengkah Wuhan adalah 800.000 ton per tahun sementara operasi Shanghai akan menjadi sekitar 1 juta ton per tahun.

Sumber : www.shanghaidaily.com

Share This