Select Page

Perusahaan minyak milik pemerintah Chile, ENAP akan menginvestasikan 40 juta US dollars dalam eksploitasi deposit gas alam dan minyak di Wilayah Magallanes, diumumkan CEO Enrique Davila, di Santiago.

Perusahaan minyak milik pemerintah Chile, ENAP akan menginvestasikan 40 juta US dollars dalam eksploitasi deposit gas alam dan minyak di Wilayah Magallanes, diumumkan CEO Enrique Davila, di Santiago .

“Kami saat ini sedang mengkuantifikasi cadangan yang ada di basin Lago Mercedes, dan pada akhir tahun kami harus memiliki estimasi pertama”, kata Mr. Davila menunjukkan bahwa proyek mengkontemplasi pemasokan tahap pertama ke selatan Chile dan selanjutnya, tergantung banyaknya sumber, ke wilayah lainnya.

“Penemuan minyak dan gas di Magallanes ini adalah berita besar bagi Chile karena akan memberi kontribusi yang signifikan untuk peningkatan otonomi energi’ tambah Davila.

April lalu, ENAP mengumumkan telah menemukan beberapa jejak minyak dan gas pada kedalaman dengan rentang 3.700 – 4.300 m mengikuti eksplorasi yang dimulai tahun 2005 di zona Lago Mercedes 2. Lago Mercedes berlokasi di jantung Tierra del Fuego, 116 km di tenggara Porvenir.

Davila mengatakan bahwa hadirnya aliran gas dan minyak yang kontinu ditentukan ‘setelah melakukan uji produksi pada 2 dari 3 lapangan yang mengandung hidrokarbon di zona tersebut’. Sekali mendapatkan hasil yang positif, ENAP segera memutuskan untuk memulai pemboran sumur Lago Mercedes 3, yang berlokasi sekitar 4 km dari Lago Mercedes 2.

”Di Magallanes, sejauh ini kami menginvestasikan 20 juta US dollars tapi masih mengkontemplasikan 40 juta US dollars lagi, dan kami juga melihat untuk tahun 2007. Ini adalah peristiwa historis sejak adanya beberapa investasi besar yang telah dilakukan dalam waktu dan area yang spesifik”.

Chile saat ini mengimpor sebanyak 22 juta m3 gas alam per hari dari Argentina, tapi untuk 2 tahun terakhir telah menderita pemotongan pasokan regular karena administrasi Kirchner memberi hak istimewa dalam permintaan domestik dibanding ekspor. Sejak itu, Chile telah menggandakan usaha dan investasinya, untuk memastikan pasokan energi yang berkesinambungan dan terandalkan.

Karena Chile mengimpor lebih dari 90% konsumsi minyaknya, ditambah ketergantungan pada Argentina akan gas alam, (dihubungkan dengan pembangkitan listrik), negara dalam situasi energi yang tidak menentu dalam jangka pendek dan menengah, khususnya di utara, dimana terdapat konsumen tambang tembaga besar.

Menuju akhir 2005, British Gas Group memenangkan bid untuk membangun pabrik regasifikasi gas di utara, yang akan meminta lebih dari 350 juta US dollars dan harus beroperasi akhir 2008, sehingga membebaskan negara dari ketergantungan pada Argentina.

Pemboran Enap di Magallanes dimulai akhir September dan pipa gas alam dari Danau Mercedes terhadap jaringan yang ada sedang dikonstruksi.

“Ini sepanjang 50 km dan akan memakan biaya sekitar 50 juta US dollars tapi harus memberi peningkatan yang besar terhadap usaha Chile dalam mengatasi situasi energi saat ini”, ditekankan Davila.

Sumber : www.mercopress.com

Share This