Select Page

China cemas dalam mendapatkan sebuah cabang dari pipa minyak Rusia antara lapangan minyak Siberia Timur dan Pasifik (VSTO).

China cemas dalam mendapatkan sebuah cabang dari pipa minyak Rusia antara lapangan minyak Siberia Timur dan Pasifik (VSTO), Dubes China di Moscow telah mengulangi pertanyaanya.

‘Kerja sama antara China dalam pembangunan sebuah cabang dari VSTO ke China adalah sebuah karakter strategis. Kami tertarik akan proyek ini,’ Liu Guchang dikutip oleh agensi berita Russian Interfax.

Transneft, Rusia dan China National Petroleum Corporation (CNPC) sedang melakukan studi kelayakan konstruksi cabang ini, menurut dubes, menambahkan bahwa jika hasil studi diperoleh, maka rencana kerja sama akan dibahas kemudian.

China cemas dalam mendapatkan pipa ini, yang akan meningkatkan pasokan energi yang diperlukannya untuk menopang ekonominya yang meningkat pesat dan mendiversifikasi sumber minyaknya agar tidak tergantung pada wilayah Timur Tengah.

Rusia pada 2003 memilih melawan rencana untuk membangun pipa tunggal langsung ke China, bukan memilih 2.500-mil rute yang melewati China dan tetap di dalam wilayah Rusia hingga ke pelabuhan Nakhodka di pasifik, berhadapan dengan Jepang.

Sejak itu, pembicaraan mengenai pembuatan cabang ke rute utama ibukota minyak China, Daqing, berhenti.

Sumber : www.zeenews.com

Share This