Perusahaan Rusia yang terlibat dalam perusahaan internasional yang akan mengimplementasikan proyek pipa minyak mentah Bourgas-Alexandroupolis meminta jaminan tambahan yang menunjukkan bahwa venture akan menguntungkan.

Perusahaan Rusia yang terlibat dalam perusahaan internasional yang akan mengimplementasikan proyek pipa minyak mentah Bourgas-Alexandroupolis meminta jaminan tambahan yang menunjukkan bahwa venture akan menguntungkan, Dnevnik dari sumber informasi.

Hal ini akan memperlambat proyek karena akan memerlukan pengeluaran kas ekstra dalam studi kelayakan yang lebih jauh, menurut para ahli. Ini bukan pertama kalinya pihak Rusia meminta kepastian mengenai profitabilitas pipa.

Para eksekutif dari perusahaan Bourgas-Alexandroupolis, yang 25%-nya dimiliki distributor gas negara Bulgaria, Bulgargaz, TNK-BP, Gazprom Neft and Rosneft dari Russia, dan DEP/Thraki dari Yunani, membahas, Kamis dan Jumat minggu lalu, pembagian perusahaan pipa ini.

Sofia telah memutuskan bahwa perusahaan Bulgaria dan Yunani harus memiliki paling tidak 24,5% bagian proyek, dan sisa 51% untuk Rusia. Dokumen final yang diadopsi pada pertemuan itu menyebutkan 12-15% jaminan rate of return, sebuah tujuan yang memasukkan kebersikerasan Sofia.

Biaya 280 km pipa Bourgas-Alexandroupolis telah direvisi menjadi satu miliar euro dari awalnya 700 juta euro. Fasilitas akan mengawali transitnya 35 juta ton minyak tiap tahunnya.

Sumber : news.dnevnik.bg