Oriental Energy Resources Ltd. dari Nigeria telah menerima persetujuan pemerintah Nigeria untuk farm in lapangan lepas pantai Okwok di OML 67.

Oriental Energy Resources Ltd. dari Nigeria telah menerima persetujuan pemerintah Nigeria untuk farm in lapangan lepas pantai Okwok di OML 67, dilaporkan Sovereign Oil & Gas Co. II LLC, Houston, penasehat teknis perusahaan.

Okwok telah ditemukan dan sebagian di-appraise tahun 1968 oleh Mobil Producing Nigeria Unlimited dan Nigerian National Petroleum Corp. (NNPC). Lapangan ini berada dalam area produksi tenggara prolifik Nigeria, 35 mil timur laut kompleks lapangan Zafiro di Equatorial Guinea.

Farmin Okwok dirancang sebagai jalan untuk Nigeria dalam secara parsial mengkompensasi Oriental atas kehilangan berkelanjutan pada perjanjian perbatasan maritim akhir 2000 meliputi hak pembangunan dan pemboran Zafiro. Perjanjian ini diperlukan Oriental untuk melepaskan 20% dari OML 115 ke Equatorial Guinea.

ExxonMobil Corp. mengoperasikan Blok B di sisi perbatasan Equatorial Guinea dan sehingga merupakan warisan bagi OML 115 acreage yang hilang oleh Oriental. Di sisi perbatasan Nigeria, OML 115 dikelilingi oleh OML 67, yang meliputi dua lapangan minyak yang belum dibangun Okwok dan Ebok.

Tahun 2001, Mobil mengkontribusi lapangan Okwok untuk Marginal Field Program, Nigeria yang didirikan oleh pemerintah federal untuk mendorong perusahaan Nigeria untuk berinvestasi dalam industri migas di negara itu. Program ini menyebabkan lapangan minyak manapun untuk tidak dibangun dalam 10 tahun penemuan yang menunjukkan lapangan marjinal dan di-farmed out ke para investor dan para wiraswastawan lokal.

Lapangan Okwok dan Ebok belum dibor sejak 1970.

Dibawah Okwok farmout, Oriental akan menjadi operator. Addax Petroleum (Offshore Nigeria) Ltd. akan bergabung dengan proyek sebagai penasehat teknis dan memiliki 40% partisipasi interest, menunda persetujuan pemerintah. Addax Petroleum mengoperasikan OML 123, yang berdekatan, yang terletak di utara lapangan Okwok dan menghasilkan ekses 50.000 b/d minyak.

Oriental dan Addax berencana untuk membor tiga sumur appraisal di Okwok menggunakan GlobalSantaFe High Island IX jack up. Pemboran appraisal dijadwalkan dimulai bulan Juni dengan sumur Okwok-4.

Studi lapangan awal oleh Sovereign menunjukkan potensi besar trap di Qua Iboe di 150 kaki perairan dengan potensi mengandung beberapa ratus juta barrel cadangan minyak.

Dari empat sumur yang sebelumnya dibor di Okwok, tiga oleh Mobil dan NNPC, dan satu oleh Oriental dan Conoco, dua menunjukkan beberapa petroleum-bearing sands tebal, tapi tidak diuji produksi. Lapangan Okwok didefinisikan oleh sumur-sumur ini dan oleh data seismik 3D baru-baru ini.

Sumber : www.ogj.com