Select Page

CEO perusahaan minyak negara Brazil, Petroleo Brasileiro SA (PBR), Petrobras, Selasa, tidak mengkonfirmasi maupun menyangkal apakah perusahaannya dalam pembicaraan untuk membeli sebuah kilang di tenggara Inggris yang akan dijual BP PLC (BP).

CEO perusahaan minyak negara Brazil, Petroleo Brasileiro SA (PBR), Petrobras, Selasa, tidak mengkonfirmasi maupun menyangkal apakah perusahaannya dalam pembicaraan untuk membeli sebuah kilang di tenggara Inggris yang akan dijual BP PLC (BP), minggu lalu.

Ditanya apakah Petrobras tertarik dalam membeli kilang Coryton BP berkapasitas 172.000 barrel-per-hari di Essex, CEO Sergio Gabrielli menolak memberi komentar spesifik mengenai masalah ini.

‘Investasi kami di luar negeri akan dikonsentrasikan di Amerika, Afrika dan Asia. Itu yang bisa saya katakan,’ kata Gabrielli pada konferensi pers di Rio de Janeiro dalam rencana bisnis perusahaan 2007 – 2011. ‘Kami selalu membuka peluang baru.’

Petrobras telah mengatakan minggu lalu bahwa ia berencana menginvestasikan $ 87,1 miliar dalam periode lima tahun, $ 12,1 miliar diantaranya akan di luar Brazil.

Gabrielli menambahkan bahwa investasi Petrobras di luar negeri akan dikonsentrasikan dalam proyek produksi di Teluk Mexico, US, dan Nigeria, begitu juga di Pasadena, Texas, kilang yang sahamnya telah diakuisisinya 50%.

Berkomentar mengenai $ 23,1 miliar yang Petrobras telah peruntukkan bagi area downstream Brazil untuk periode 2007 – 2011, Gabrielli mengatakan bahwa sebagian besar investasi akan ditujukan untuk pengilangan, terutama peningkatan kualitas dan kapasitas output kilang yang telah ada.

Sumber : www.marketwatch.com

Share This