Select Page

Perusahaan yang mengeksplorasi minyak di Danau Albert, distrik Hoima, telah membuat lebih banyak penemuan, melebihi ekspektasi.

Penulis : Emmy Olaki

Perusahaan yang mengeksplorasi minyak di Danau Albert, distrik Hoima, telah membuat lebih banyak penemuan, melebihi ekspektasi.

Hardman Resources dan Tullow mengeksplorasi minyak dengan 50-50 joint venture.

Uji lebih jauh di tengah sumur eksplorasi minyak Waraga-1 di Kaiso Tonya menunjukkan bahwa laju alir minyak di seluruh zona pemboran telah meningkat 2.400 barrels per hari.

Pernyataan A Hardman mengatakan interval ke-tiga dan terakhir dibor dari 1.680 – 1.792,5 m dan mengalirkan pada rata-rata 2.400 barrels per hari minyak mentah ringan tapi berlilin (light but waxy crude oil).

Tengah malam, Senin, zona ke-tiga dan terakhir sumur ter-perforasi, tapi mengalirkan minyak yang lebih padat (thick) dengan laju stabil. Tapi, zona ini telah ditutup, guna pembentukan tekanan sebelum aliran akhir, yang hasilnya diharapkan sebelum akhir minggu.

Pernyataan mengatakan laju alir dari semua zona diuji hingga melebihi ekspektasi.

Pengujian ini dilakukan di tengah tiga zona dan dimulai menguji zona yang lebih atas, sekitar Danau Albert.

“Secara potensial, menurunkan ambang cadangan untuk pembangunan eksploitasi komersial akan memerlukan lebih sedikit sumur sehingga menurunkan komitmen modal,” kata Simon Potter, chief executive Hardman Resources.

Katanya interval ke-dua mengalirkan minyak pada laju tetap 4.200 barrels minyak per hari (bpd) setelah dialirkan menggunakan choke yang lebih tinggi.

Zona yang paling bawah juga mengalirkan laju yang sama minggu lalu, melebihi ekspektasi higga lebih dari 3.500 bpd.

“Setelah periode shut-in, sumur mengalirkan melalui 1-inch choke pada laju alir tetap mendekati 4.200 bpd,” menurut pernyataan perusahaan.

Kualitas minyak yang sama dengan ketika diuji di zona yang lebih rendah minggu lalu, menjadi minyak mentah ringan tapi berlilin, yang menurut pejabat perusahaan bisa diatasi.

Waraga-1, sumur eksplorasi pertama yang mengalirkan minyak, memiliki tiga zona. Zona pertama mengalirkan 4.200 bpd dan hasilnya diumumkan minggu lalu.

Setelah menyimpulkan uji di Waraga-1, rig akan dipindahkan ke Mputa-1 untuk pengujian yang diharapkan dimulai akhir Juli.

Sumber : www.newvision.co.ug

Share This