Lukoil Overseas telah memulai pembangunan pemboran di area kontrak Khauzak, lapangan gas Dengizkul, di barat daya Uzbekistan.

Lukoil Overseas telah memulai pembangunan pemboran di area kontrak Khauzak, lapangan gas Dengizkul, di barat daya Uzbekistan.

Khauzak adalah lapangan pertmaa yang dibangun di bawah Kandym-Khauzak-Shady-Kungrad production-sharing agreement (PSA) yang ditandatangani pertengahan 2004 oleh serbuha kelompok investor termasuk Lukoil Overseas (90%) dan Uzbekneftegaz (10%). Pembagian konsorsium dalam keuntungan produksi adalah 50%.

Original gas in place dalam area kontrak diperkirakan 329 miliar m3 (bcm). Produksi komersial diharapkan dimulai dalam kuartal ke-empat 2007. Produksi gas puncak akan melebihi 10 bcm/tahun, sementara produksi kumulatif bisa mencapai 207 bcm gas, kata Lukoil.

Lukoil dibentuk Lukoil Uzbekistan Operating untuk memengwasi manajemen proyek dan akan menciptakan perusahaan pemasaran untuk penjualna produsi bersama.

Saat ini, pekerjaan di blok meliputi survey seismik 3D, perancangan sumur, konstruksi jalur tenaga dan akses jalan, dan persiapan untuk mengerjakan tiga sumur.

TUHA, China bertindak sebagai kontraktor pemboran. Rekanan berencana untuk membor 37 sumur development di area kontrak Khauzak.

Proyek Kandym-Khauzak-Shady-Kungrad meliputi pemboran lebih dari 180 sumur development dan konstruksi lebih dari 1.500 km pipa. Juga akan dibangun: dua stasiun kompresor, gathering points, shift camps, jalur tenaga tegangan tinggi, 40-km jalur rel, jalan motor, dan akses jalan.

Proyek ini juga meliputi konstruksi 8 bcm/tahun kapasitas pabrik pemrosesan gas di area Kandym.

Saat ini, total investasi di bawah PSA adalah sekitar $ 100 juta.

Sumber : www.ogj.com