Select Page

Petrobras, Brazil, sedang dalam pembicaraan dengan Gazprom atas joint ventures yang meliputi pipa gas dari Venezuela ke Brazil, Argentina dan Chile.

Penulis : Simon Webb

Petrobras, Brazil, sedang dalam pembicaraan dengan Gazprom atas joint ventures yang meliputi pipa gas dari Venezuela ke Brazil, Argentina dan Chile, menurut presiden Petrobras, Jumat.

Sebuah joint venture dengan Petrobras akan menjadi milik raksasa gas Rusia pertama di Amerika Latin. Produsen gas terbesar dunia ini telah memperluas pengaruhnya ke seluruh dunia melalui akuisisi, joint ventures dan kesepakatan pasokan.

Perusahaan minyak negara Brazil juga bertujuan untuk meningkatkan ekspor minyak mentah netto 700.000 barrels per hari pada 2011 dari level tahun ini, menurut Presiden Petrobras Jose Sergio Gabrielli dalam sebuah wawancara.

‘Gazprom memiliki pengalaman yang sangat bagus dengan pipa gas panjang,’ kata Gabrielli setelah pertemuan dengan para investor di London untuk mempresentasikan rencana investasi perusahaan tahun 2007-2011. ‘Kami berada di tahap yang paling awal dalam pipa Venezuela, melihat pertanyaan lingkungan, ekonomi, dan peraturan.’

Potensi proyek lainnya dengan Gazprom meliputi eksplorasi lepas pantai di Turki dan skema di Asia, dimana Petrobras tidak memiliki aset, katanya.

Kedua perusahaan mengatakan pada 6 Juli bahwa mereka akan menarik dan menandatangani sebuah kerangka kerja perjanjian kerjasama segera.

Petrobras bertujuan untuk meningkatkan ekspor minyak netto menjadi 800.000 bpd pada 2011 dari sekitar 100.000 bpd tahun ini, kata Gabrielli.

‘Strategi utama kami di Brazil, tapi kami akan menjadi eksportir internasional netto dari sekitar 800.000 bpd pada 2011,’ katanya. ‘Kami bertujuan untuk meningkatkan produksi Brazil dan internasional.’

Petrobras mengharapkan untuk menjual 584.000 bpd minyak mentah berat dari proyek Brazil dan sekitar 383.000 bpd dari proyek internasional di Afrika Barat dan Teluk Mexico tahun 2011. Gambaran ini meliputi gas alam cair.

Sumber : www.themoscowtimes.com

Share This