Select Page

Korea National Oil Corp memperoleh hak untuk membangun oil sand Kanada dari Newmont Mining Corp untuk US$ 270 juta, mengalahkan saingannya dari China dan India.

Penulis : Sangim Han

Korea National Oil Corp memperoleh hak untuk membangun oil sand Kanada dari Newmont Mining Corp untuk US$ 270 juta, mengalahkan saingannya dari China dan India.

Perusahaan negara Korea National sepakat untuk membeli seluruh saham Newmont yang berbasis di Denver, untuk lease BlackGold oil-sands di Alberta, menurut Kementrian Perdagangan, Industri dan Energi Korea Selatan dalam pernyataannya, Senin.

Korea Selatan, yang mengimpor hampir seluruh minyak mentahnya, membuat pembelian oil sand pertamanya untuk diversifikasi sumber energi ditengah harga yang mencapai rekor. Cadangan Alberta mengandung 250 juta barrel minyak dan akan menghasilkan 35.000 barrel per hari, kata pemerintah, tanpa mengidentifikasi para penawar yang berkompetisi. Harga akan lebih tinggi daripada rival, CNOOC Ltd, yang membayar untuk akses ke oil sand, menurut analis Gordon Kwan.

‘Membandingkan harga pembelian, Korea telah membayar dengan harga yang sangat miring US$ 1,08 per barrel, dibanding dengan kesepakatan CNOOC dengan MEG Energy April lalu pada 36 US cent per barrel,’ Kwan, yang mengepalai penelitian migas China di CLSA Ltd, Hong Kong, menulis dalam catatan penelitian kemarin.

CNOOC, perusahaan minyak terbesar ke-tiga China, memegang 17% MEG Energy Corp, yang telah memulai pembangunan fasilitas preliminari 3.000 barrels per hari yang diharapkan dimulai akhir tahun ini.

Deposit oil sand yang dibeli Korea National akan memulai produksi tahun 2010 dan akan menghasilkan estimasi penjualan US$ 500 juta per tahun, menurut kementrian.

Newmont yang menjual lease BlackGold awal tahun ini mengatakan mereka tidak cocok dengan bisnis perusahaan itu.

China Petrochemical Corp, perusahaan minyak terbesar ke-dua China, juga telah berinvestasi di cadangan-sejenis-tar Alberta, yang meliputi area hampir seluas negara bagian Florida. ONGC Videsh Ltd, tangan internasional Oil & Natural Gas Corp, India, mengatakan bulan lalu bahwa ia telah ‘cukup tertarik’ dalam deposit tersebut.

Oil sand, 750 km di utara Calgary, diperkirakan mengandung 175 miliar barrel recoverable oil, yang ke-dua hanya untuk Saudi Arabia 259 miliar barrel, menurut Canadian Association of Petroleum Producers.

Sumber : www.shanghaidaily.com

Share This