Select Page

Presiden Traian Basescu mengatakan, Jumat, bahwa negaranya lebih baik dibanding Bulgaria untuk penempatan pipa minyak dari Laut Hitam yang melintasi Balkan ke Eropa Barat

Penulis : Monica Bonea

Presiden Traian Basescu mengatakan, Jumat, bahwa negaranya lebih baik dibanding Bulgaria untuk penempatan pipa minyak dari Laut Hitam yang melintasi Balkan ke Eropa Barat, menurut Voice of America. Banyak pipa yang direncanakan untuk mendapatkan minyak mentah dari lapangan minyak yang baru dibangun di basin Laut Kaspia ke pasar dunia, menurut website VOA. Satu, dari Azerbaijan ke Georgia ke Turki timur – 1.700-km pipa BTC (Baku-Tbilisi-Ceyhan) – dibangun dan baru mulai dioperasikan. Turki mengusulkan bahwa jalur lain yang akan dibangun melewati Turki dari Laut Hitam ke Mediterrania untuk membawa minyak Kaspia dengan tanker dari pelabuhan Rusia, Novorossiysk.

Di pantai-pantai Laut Hitam Eropa, Romania dan Bulgaria mendukung proyek bersaing untuk mentransportasikan minyak Kaspia melewati Balkan yang lebih dekat dengan pasar barat, menurut VOA. Presiden Basescu, mengatakan pelabuhan Romania, Constanta adalah titik awal yang logis untuk pipa trans-Balkan.

‘Constanta adalah pelabuan tunggal di Laut Hitam, di sisi Laut Hitam Eropa, yang bisa mengakomodasi vessel dengan berat 150.000 ton berat mati, yang merupakan ukuran maksimum yang bisa kami akomoasi,’ katanya. ‘Dan pelabuhan lain yang bisa melakukannya adalah Novorossiysk.’

Basescu ragu dua pipa Balkan akan dibangun. Yunani mengusulkan rute sepertiganya dan lebih pendek berasal dari Bulgaria ke pelabuhan Yunani, Alexandroupolis. Semua proposal ini akan memiliki dampak berkurangnya lalu-lintas tanker minyak, melalui Selat Bosporus yang padat, dan secara lingkungan rawan di Istanbul. Richard Ennis dari ING Bank, New York, mengatakan ada keuntungan lain untuk pilihan Romania.

‘Hal ini juga akan mengurangi lalu-lintas tanker di Laut Hitam,’ katanya. ‘Vessel yang lebih besar aka mampu diberangkatkan dari terminal Novorossiysk di sisi timur Laut Hitam melalui Constanta dan akan menurunkan lalu-lintas tanker secara keseluruhan,’ menurut Basescu.

Sumber : www.daily-news.ro

Share This