Shell Canada Ltd., operator dari Athabasca Oil Sands Project (AOSP), telah mengeluarkan sebuah proposal kepada rekanan joint venture Chevron Canada Ltd. dan Western Oil Sands LP untuk melanjutkan ekspansi proyek 100.000 b/d.

Shell Canada Ltd., operator dari Athabasca Oil Sands Project (AOSP), telah mengeluarkan sebuah proposal kepada rekanan joint venture Chevron Canada Ltd. dan Western Oil Sands LP untuk melanjutkan ekspansi proyek 100.000 b/d. Rekanan memiliki 90 hari untuk meresponnya.

Ekspansi proyek ini adalah bagian dari rencana Shell untuk meningkatkan produksi tambang dari wilayah Athabasca menjadi 550.000 b/d minyak (330.000 b/d netto).

Shell telah menyelesaikan studi kelayakan ekstensif dan estimasi biaya dan proses tinjauan kepastian untuk ekspansi. Perusahaan mengatakan pasar buruh, material dan peralatan yang memanas telah mempengaruhi semua segi proyek Ekspansi 1 dan estimasi biaya, yang telah naik pesat dai estimasi awal, dan sekarang diperkirakan sekitar $ 275-350/bbl/tahun.

Tapi walaupun intensitas modal proyek, Shell mengatakan Ekspansi 1 tetap viable dalam rentang skenario harga yang lebar. Hal ini dimaksudkan untuk membuat keputusan investasi final untuk proyek ini di kuartal ke-4, menunda persetujuan peraturan.

Proyek Ekspansi 1 adalah ekspansi terintegrasi penuh dari fasilitas AOSP yang ada, termasuk Pertambangan Sungai Muskeg, 75 km utara Fort McMurray, Alta., dan Scotford upgrader, timur laut Edmonton. Juga meliputi konstruksi infrastruktur umum yang akan ditentukan ukurannya untuk mendukung ekspansi masa depan.

Shell megatakan rencana pabrik deasphalting pelarut tidak temasuk dalam Ekspansi 1 karena teknologi belum memungkinkan integrasi kedalam proses upgrading. Pengeluaran Ekspansi 1 akan sama antara pertambangan dan upgrader, kata Shell.

Shell mengharapkan produksi bitumen akan dimulai akhir 2009 disusul oleh produksi upgrader akhir 2010.

Sumber : www.ogj.com