Indian Oil Corporation berencana unutk berinvestasi sebanyak $ 2 miliar di Nigeria untuk 6 juta ton per tahun kilang di wilayah Edo.

Indian Oil Corporation berencana unutk berinvestasi sebanyak $ 2 miliar di Nigeria untuk 6 juta ton per tahun kilang di wilayah Edo. Pada gilirannya pengilan minyak negara akan bernegosiasi dengan pemerintah Nigeria untuk memasok minyak mentah dalam basis jangka panjang, 12-15 tahun. Disamping itu, IOC juga akan bernegosiasi untuk ekuitas saham, menurut laporan media.

Pemimpin dan managing director IOC, Sarthak Behuria, akan pergi ke Nigeria 21 Agustus untuk membahas modalitas proposal ini dengan presiden Nigeria, Olusegun Obasanjo, yang ujga commander in chief Republik Federal Nigeria.

Nigeria adalah pemain besar dalam ekonomi minyak global dengan 33 miliar barrel cadangan minyak proven dan 4 triliun kaki3 cadangan gas. Juga terhitung 8% dari total produksi minyak Organization of Oil Exporting Countries.

Tahun 2000, Nigeria menjadi pemasok terbesar minyak mentah India, melewati Saudi Arabia. Dan India menjadi pembeli terbesar ke-tiga Nigeria, setelah US dan Spanyol.

Saat ini, IOC memiliki kontrak dengan Nigeria National Petroleum Corporation, darimana ia mengimpor 2 juta ton per tahun minyak mentah. Raksasa minyak India sangat tertarik untuk meningkatkan kuantitas minyak mentah dari Nigeria hingga paling tidak 4-6 mtpa.

Sumber : www.tradingmarkets.com