US Pipeline and Hazardous Materials Safety Administration mengeluarkan perintah aksi korektif kepada Tennessee Gas Pipeline Co. menyusul kebocoran 22 Juli dan kebakaran di sistem Line 100-1 milik anak usaha El Paso Corp. di Kentucky.

Penulis : Nick Snow

US Pipeline and Hazardous Materials Safety Administration mengeluarkan perintah aksi korektif kepada Tennessee Gas Pipeline Co. menyusul kebocoran 22 Juli dan kebakaran di sistem Line 100-1 milik anak usaha El Paso Corp. di Kentucky.

Jalur 24-in. pecah sekitar 6 mil tenggara Clay City, Ky., mengakibatkan keluarnya dan ignisi sekitar 42,9 MMcf gas, menurut US Department of Transportation.

Kebakaran dipadamkan dalam 1 jam dan tidak ada korban, walaupun tiga rumah penduduk terdekat dievakuasi dan terdapat kerusakan properti yang tidak begitu besar, tambahnya.

Investigasi awal mengindikasikan bahwa pitting dan korosi terjadi dalam area 2-3 kaki dekat retakan dan dalam 2-3 in. longitudinal seam pipa, dengan retakan mengikuti longitudinal seam dekat pitting, menurut perintah 27 Juli.

Dikatakan bahwa 25 kaki pipa yang rusak dan melengkungn, dengan pelapin luarnya terbakar habis, terbang dan mendarat sejauh 200 kaki selama insiden. Jalur ini dipasang tahun 1944 dan terakhir kali diinspeksi dan diuji tekan tahun 1986, kata PHMSA.

Maka diperintahkan TGP untuk tidak menjalankan Line 100-1 lebih dari 80% tekanan operasi dengan pengaruh sebelumnya pada insiden dan untuk menjaga tekanan di posisi kebocoran dibawah 572,8 psi hingga mendapatkan persetujuan tertulis dari direktur Office of Pipeline Safety Southern Region, PHMSA.

PHMSA juga memerintahkan TGP untuk melakukan analisis metalurgis detail pipa yang rusak, termasuk mendokumentasikan chain-of-custody ketika penanganan dan transportasi bagian pipa yang rusak dan bukti lain dari tempat insiden, mendapatkan persetujuan direktur Southern Region OPS sebelum melakukan uji metalurgis, dan menyediakan tanggal, waktu, dan tempat uji untuk direktur regional sehingga perwakilan PHMSA bisa hadir untuk menyaksikannya.

TGP juga akan diperlukan untuk mengajukan rencana dan jadwal tertulis untuk menguji integritas segmen pipa dari Campbellsville Compressor Station 96 ke Clay City Compression Station 106. Direktur OPS Southern Region bisa memperpanjang perintah 45-hari pemenuhan batas waktu jika operator sistem perpipaan mengajukan permintaan tertulis.

Sumber : www.ogj.com