Asian Development Bank telah menyetujui $ 75 juta pinjaman untuk mendanai sebagian dari 661-km pipa gas alam di Indonesia yang akan terbentang dari Sumatra Selatan ke Jawa Barat.

Penulis : Eric Watkins

Asian Development Bank telah menyetujui $ 75 juta pinjaman untuk mendanai sebagian dari 661-km pipa gas alam di Indonesia yag akan terbentang dari Sumatra Selatan ke Jawa Barat. Pinjaman ini adalah pinjaman ADB yang ke-dua untuk sektor energi Indonesia.

ADB membuat pinjaman untuk PT Perusahaan Gas Negara (PGN), dan mengatakan akan mendukung pinjaman tambahan sebanyak $ 125 juta yang disediakan oleh institusi pendanaan internasional dan bank komersial lainnya.

Proyek senilai $ 652,5 juta ini meliputi konstruksi pipa untuk mentransportasikan gas dari lapangan-lapangan besar di Sumatra Selatan ke area konsumsi gas besar Jawa Barat. Pipa ini adalah salah satu dari dua yang dibangun PGN untuk mengatasi kekurangan gas di Jawa Barat.

Proyek ini adalah operasi kedua ADB yang bersifat nonsovereign guaranteed operation dalam sektor migas Indonesia. Yang pertama, $ 350 juta pinjaman untuk membantu membangun proyek LNG Tangguh di provinsi Irian Jaya Barat, yang ditandatangani 1 Agustus.

Sumber : www.ogj.com