Select Page

Operator pipa milik negara Rusia Transneft siap mengganti seluruh pipa minyak Druzhba-1 jika diperlukan.

Operator pipa milik negara Rusia Transneft siap mengganti seluruh pipa minyak Druzhba-1 jika diperlukan, menurut deputi CEO, Senin.

Pada 29 Juli, sebuah kecelakaan di pipa minyak Druzhba (Friendship), yang terbentang dari Rusia ke Eropa Tengah, menyebabkan tumpahan minyak sebanyak 48 m3 dalam area seluas 340 m di Wilayah Bryansk barat. Pasokan minyak mentah ke kilang Lithuania, Mazeikiu, terganggu dan belum dilanjutkan lagi secara penuh.

‘Tidak ada yang spesifik yang tergantung pada Transneft saat ini,’ kata Sergei Grigoryev kepada radio Ekho Moskvy (Echo of Moscow). ‘Kami menunggu keputusan dari studi independen, yuang akan mengimplementasikan apapun itu.’

Bagian yang menderita kecelakaan ini adalah bagian dari pipa terbesar dunia. Dibangun di era Soviet, ia memompa minyak Siberia dari Samara di Rusia tenggara sekitar 4.000 km (2.500 mil) ke negara-negara seperti Hungaria dan Republik Czech, begitu juga Lithuania.

Tapi, kecelakaan Juli ini tampaknya memberi dorongan kepada operator Transneft untuk mempertimbangkan penggantian pipa berumur 42-tahun ini, yang disebut Grigoryev sangat berarti daripada menutupnya, seperti yang ditakutkan Lithuania.

‘Jika diperlukan untuk mengganti penuh, kami akan melakukannya. Tapi sangat penting untuk menekankan kami akan membicarakan penggantian dan bukan hanya membongkarnya,’ katanya.

Kilang Mazeikiu, yang baru-baru ini dibeli oleh PKN, Polandia, sangat bergantung akan pipa ini.

Sumber : en.rian.ru

Share This