Select Page

mohon pencerahan dari member milis migas, kami punya masalah terhadap kebocoran pipa yang terjadi berulang-ulang pada jalur pipa submarine/subsea di depot kita yang ada di meulaboh-NAD yang dipakai untuk sarana pembongkaran BBM dari kapal tanker menuju ke tangki timbun

mohon pencerahan dari member milis migas, kami punya masalah terhadap kebocoran pipa yang terjadi berulang-ulang pada jalur pipa submarine/subsea di depot kita yang ada di meulaboh-NAD yang dipakai untuk sarana pembongkaran BBM dari kapal tanker menuju ke tangki timbun, data teknis singkat sbb. :

– diameter/NPS : 8′

– spesifikasi : API-5L grade ‘B’ sch.40,ERW

– panjang total dari darat : 1.100 meter

– kondisi pipa saat ini (termasuk yang bocor) terletak pada kedalaman air laut +/- 12 meter dan terbenam dalam seabed +/- 4 meter.

penanggulangan sementara saat ini adalah dengan memasang temporary clamp (dibaut) pada bagian yang bocor tersebut, tetapi saat ini hal dimaksud tidak dapat bertahan lama dan perbaikan yang dilakukan adalah dengan handicap yang cukup besar (arus bagian bawah yang cukup besar).

sebelum terjadinya tsunami pada desember 2004, hal tersebut belum pernah terjadi. dan saat ini kami sudah merencanakan untuk mengganti pipeline dimaksud, tetapi baru +/- 10 bulan kedepan siap, sambil menunggu penggantian tersebut kami butuh saran dari anggota milis mungkin ada metode yang cukup aplikatif untuk penanggulangannya.

Pembahasan dari Rangkuman Diskusi Mailing List Migas Indonesia ini dapat dilihat di file berikut :

Share This