Select Page

Kalau pekerjaan desain instrumen yang bernama ESD/FGS itu maksudnya apa ya ?.

Pembahasan dari Rangkuman Diskusi Mailing List Migas Indonesia bidang keahlian Instrumentasi yang berlangsung pada bulan September 2006 ini dapat dilihat pada file berikut

Muchlis Nugroho – Rekayasa Engineering

Kalau pekerjaan desain instrumen yang bernama ESD/FGS itu maksudnya apa ya ?.

Andreas Solihin Halim – Wood Group Setahu saya :

• ESD : Emergency Shut Down • FGS : Fire & Gas System Mungkin yang instrument engineer bisa menambahkan atau mengkoreksi, karena saya hanya planner.

Muchlis Nugroho – Rekayasa Engineering

Kalau begitu, perancangannya harus mengambil masukan dari process & safety requirement ya ?.

Kalau FGS itu yang dimaksud adalah flare system ?.

Mukhamad Surya Hudha – Inti Karya Persada Tehnik

Mungkin saya bisa memberikan sedikit gambaran. Kalau desain sistem ESD biasanya berdasarkan Cause & Effect Chart, tabel dimana dijabarkan akibat yang ditimbulkan, misalkan dari api/kebakaran akan menyebabkan shutdown seluruh plant atau hanya satu sistem saja, dll. Karena di dalam ESD system, terdapat tingkatan-tingkatan ESD yang dapat menyebabkan efek mulai dari yang ringan sampai ke tingkat yang fatal.

Dan kalau FGS adalah salah satu sistem untuk melindungi plant dari bahaya api/kebakaran maupun dari kebocoran gas yang berbahaya, yang bisa menyebabkan kebakaran atau yang lebih fatal lagi. Salah satu contoh FGS adalah untuk melindungi kompresor turbin gas, yaitu dengan memasang sensor (gas detector, fire detector, smoke detector, dsb). Kemudian dari sensor-sensor tersebut akan dihubungkan dengan FGS Control Panel dan dari control panel tersebut data yang diterima akan diolah dan diteruskan ke kompresor turbin gas itu sendiri maupun ke
Rangkuman Diskusi KBK Instrumentasi Milis Migas Indonesia Halaman 1 dari 3
ESD sistem yang akan men-shutdown kompresor atau akan men-shutdown seluruh plant tergantung dari penempatan tingkatan di sistem ESD. Jadi, FGS adalah bagian dari ESD.

Demikian kalau ada yang salah mohon dikoreksi.

Share This