Di bagian analisisnya harus menyertakan global buckling analysis. Informasi yang saya peroleh jika gaya tahan tanah < gaya sepanjang pipa akan terjadi upheaval buckling. yang jadi masalah adalah bagaimana cara menghitung gaya tahan tanah? apa sudah diatur di code/standard ? soalnya coba cari di google banyak sekali metodenya dan berbeda2. terus jika ingin dimodelkan dalam FEA sebaiknya dimodelkan sebagai apa spring soil atau ada yang lebih bagus? bagi rekan2 yang mempunyai informasi apapun tentang upheaval buckling, saya akan sangat berterima kasih jika mau berbagi,

Jawab:

Anshori Budiono

Untuk perhitungan upheavel buckling…… gaya tahan tanah itu adalah berat tanah atau batu atau campurannya yang ditimbun di atas pipa.

Jadi… kalo di dalam model FEA, cukup dimodelkan sebagai berat persatuan panjang dari tanah di atas pipeline tersebut (yang menimbun pipeline tersebut).

Itu ilmu pipeline dua tahun lalu…. lho. Kalo ada updated knowledge untuk pipeline sekarang…, mungkin bisa dari rekan-rekan yang setia mengikuti mengikuti perkembangan ilmu pipeline yang terus berkembang secara dinamis.

Rangkuman Diskusi Mailing List Migas Indonesia pembahasan bulan Oktober 2006 ini dapat dilihat pada file berikut: